Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Channa Limbata atau Kotes, Ikan Asli Indonesia Sedang Naik Pamornya

Channa limbata, merupakan salah satu ikan lokal yang dulu banyak digunakan oleh orang sebagai bahan konsumsi makanan sekarang sudah menjadi ikan hias yang mempunyai nilai jual.

Dahulu ikan ini bahkan dianggap dianggap remeh dan bahkan dianggap sebagai pengganggu habitat ikan peliharaan lain karena sering memangsa anakan ikan-ikan kecil, sehingga banyak orang menganggapnya sebagai ikan hama.

Berbeda dengan dahulu, ikan ini sekarang Justru malah diburu para penghobi ikan hias terkhusus pecinta ikan channa.


Channa limbata ikan asli Indonesia

Populasi ikan ini, berada di daerah pulau Jawa dan Sumatera. Ada di sungai-sungai, Rawa, waduk, kolam-kolam, dan genangan air yang ada makhluk hidupnya.

Tapi sayangnya semakin kesini kesini semakin kesini kesini ini karena banyak perburuan yang masif, ikan ini semakin sedikit di alamnya. Untuk di beberapa daerah Wah makan ikan ikan ini sudah sangat jarang untuk ditemui, berbeda dengan dahulu kala. dahulu kala.

Selain itu, faktor rusaknya lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap populasi ikan ini di alam.

Banyaknya sampah di sungai, rusaknya lingkungan, tentu semakin pembuat ikan ini semakin sulit untuk ditemui.

Untuk di daerah Jawa, ikan ini mempunyai julukan ikan kotes. Untuk daerah lain mungkin juga ada julukan atau nama tersendiri di masing-masing daerah.

Ikan channa limbata diminati para penghobies ikan predator

Karena tren ikan ikan sana sekarang sedang mengalami kenaikan, channa limbata atau ikan kotes ini juga ikut naik pamornya juga ikut ini juga ikut naik pamornya ini juga ikut naik pamornya atau ikan kotes ini juga ikut naik pamornya juga ikut ini juga ikut naik pamornya ini juga ikut naik pamornya.

Selain naik pamor ikan channa limbata ini juga mengalami kenaikan harga. Dulu biasanya dihargai dengan kiloan sekarang bisa dihargai sekarang bisa dihargai dalam satuan atau per ekor.

Hal itu bisa terjadi karena dari kualitas ikan itu sendiri. Mulai dari mental kemudian warna, bentuk tubuh dan lain sebagainya. Semakin bagus semakin sempurna tentu harganya juga akan mahal.

Sekarang, ikan channa limbata ini dari ukuran 3 sampai 5 cm biasanya sudah dihargai mulai dari Rp10.000, apalagi kalau ikannya sudah bagus bisa dihargai ratusan bahkan jutaan rupiah.

Selain itu, kontes ikan channa juga sering diadakan. Tentunya ikan channa limbata ini juga menjadi salah satu kontestan dalam lomba atau kontes ikan channa.

Dan pastinya ketika ikan channa limbata ini juara kontes, pasti harga jualnya juga akan naik.

Perawatan channa limbata tidak susah

Selain itu, jika ingin memelihara ikan channa limbata ini juga tidak perlu menggunakan ukuran aquarium yang terlalu besar. Karena ikan ini, bisa dibilang ikan channa channa yang memiliki ukuran tubuh yang tidak terlalu besar.

Untuk pakan ikan ini sendiri tidak jauh berbeda dengan ikan channa lainnya. Ikan channa limbata ini mau memakan cacing, ulat hongkong atau kandang, pelet, dan pakan hidup lainnya.

Walaupun ikan ini banyak diburu di alamnya di alamnya, tapi sekarang semakin banyak memelihara ikan channa limbata, semakin banyak juga orang yang berhasil breeding dan mengembangbiakan ikan lokal asli Indonesia ini.

Dengan begitu, harapannya ikan ini tidak punah di alamnya. Dan semoga lebih banyak orang yang sadar tentang lingkungan, sehingga satwa-satwa yang hidup di dalamnya dalamnya dalamnya bisa tetap Lestari.