Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Membahas Treatment Channa Maru dan Pro Kontra Di Dalamnya

Bisa dibilang Sekarang ini banyak sekali para penghobis baru terkhusus para penghobi dunia ikan predator.

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu ikan predator yang lagi ngetrend beberapa tahun belakangan ini adalah ikan channa.

Ada banyak sekali jenis jenis ikan channa yang beredar di pasaran baik itu ikan channa lokal, ataupun ikan channa yang berasal dari luar negeri yang masuk ke negara kita Indonesia.

Banyaknya permintaan ikan jenis channa tentunya semakin banyak juga orang yang menjual, mengembangbiakan, dan orang yang membelinya.

Tentunya dari sekian banyak orang yang tertarik dengan ikan channa adalah ketika mereka melihat ikan channa bisa mempunyai warna yang bagus, mental yang galak, bar yang tebal, dan beberapa keunggulan ikan channa jika dibandingkan dengan ikan predator lain.

Tentunya semakin kesini ini semakin banyak juga berbagai macam cara atau treatment untuk membuat ikan channa menjadi bagus.

Mulai dari pemberian pakan, media untuk menaruh ikannya, settingan tank, dan berbagai macam cara yang beredar di luar sana.

Salah satu ikan channa yang sedang populer tentang progress atau treatment untuk membuat ikan itu menjadi bagus adalah ikan channa Maru.

 Ikan lokal asli perairan Indonesia yang terletak di pulau Borneo dan Sumatra.

Bisa dibilang ikan jenis channa maruliodes ini mempunyai karakter yang berbeda-beda setiap ikannya.

Tentunya setiap penghobi atau para pemelihara punya cara masing-masing untuk membuat ikan tersebut menjadi bagus seperti apa yang diharapkan.

Bisa dibilang, ikan channa jenis Maru Borneo ini mempunyai karakter yang berbeda. Sehingga antara 1 ikan dengan ikan yang lainnya tentu akan mempunyai cerita yang berbeda juga.

Sayangnya hal itu Justru malah membuat orang menjadi seperti terpecah-pecah dalam beberapa kubu yang berbeda pandangan tentang cara merawat atau mentreatment channa maruliodes ini.

Sebenarnya itu adalah hal yang bagus ketika kita bisa saling menerima, kita bisa saling belajar dari orang lain tentang cara membuat ikan channa Maru ini menjadi bagus.

Tapi yang menjadi masalah adalah banyak orang yang terlalu memaksakan versi benarnya kepada orang lain yang belum tentu setuju dengan apa yang dianggapnya benar.

Tentunya hal itu akan memicu perdebatan, tidak ada yang mau mengalah antara satu sama lain, yang ada hanya saling berdebat dan akhirnya saling hujat menghujat.

Itulah sebenarnya yang disayangkan dari hobi yang sebenarnya harusnya harusnya hobi yang sebenarnya harusnya harusnya menyenangkan, bisa melalui proses dengan berbagai macam cara, akan tetapi ternodai dengan rasa tidak puas antara satu dengan yang lainnya.

Karena bisa dibilang dalam dunia hobi ikan channa, trerkhusus channa Maru ini tidak ada teori pasti jika yang dilakukan seperti ini hasilnya bakal seperti apa yang diharapkan seperti apa yang diharapkan. Kecuali kita mencobanya sendiri Kita lihat progres atau perkembangan dari ikannya Apakah Apakah Sesuai yang diharapkan atau tidak. Jika sesuai boleh dilanjutkan jika tidak masih banyak alternatif cara-cara lain yang bisa dicoba sampai menemukan apa yang diinginkan.

Ada yang bilang kalau channa Maru ini bergantung pada genetik ikan. Kalau genetik ikan ikan itu bagus maka tidak perlu diapa-apakan pun ikan channa Maru bakal bagus dengan sendirinya.

Tapi di satu sisi ada kubu yang lain yang mengatakan kalau ikan sudah tergantung pada gen buat apa para kiper atau penghobi ikan channa Maru bersusah payah untuk membuat ikan itu menjadi bagus.

Bisa dibilang salah satu keseruan dari memelihara ikan channa maru itu adalah ikannya itu masih menjadi misteri yang bisa dibilang tidak ada teori pasti.

Jika bingung mana yang benar dan mana yang salah, kembalilah ke niat atau tujuan awal kalian memelihara ikan itu untuk apa.

Tentunya akan merasa lebih senang ketika kita bisa menerima keadaan ikan kita itu itu seperti apa sekarang, menikmati progres atau prosesnya sampai mendapatkan ikan yang kita inginkan.

Poin utamanya adalah tentang kita bisa atau tidak menikmati secara rasa melakukan apa yang kita lakukan dengan senang hati tanpa terbebani dengan embel-embel harus seperti ini harus seperti itu.

Dan satu hal lagi poin pentingnya adalah kita harus saling menghargai saling menghormati pendapat berbeda dari orang lain Jika kita ingin diperlakukan sama.