Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Sungai Bagi Kehidupan Makhluk Hidup di dalam dan sekitarnya

Semakin kesini, semakin banyak orang yang hobi memelihara ikan hias. Karena bisa dibilang hobi ini adalah hobi yang menyenangkan sehingga banyak orang suka.

Untuk jenis ikan hias sendiri ada banyak sekali di pasaran. Mulai dari yang ukuran kecil sampai ikan yang bisa berukuran besar dan ganas. Semua punya pasarnya masing-masing.

Bisa dibilang Negara kita Indonesia ini adalah negara yang mempunyai berjuta-juta sungai dan tentunya di sungai itu ada banyak Kehidupan tak terkecuali ikan asli penghuni sungai itu.


Sayangnya semakin kesini sungai-sungai yang dulunya bersih yang airnya jernih mengalir yg bisa menghidupi lingkungan di sisi kiri-kanan tepian sungai nya, sekarang ekosistem di sungai tersebut sudah banyak yang rusak.

Tidak bisa dipungkiri banyak sungai yang sudah terisi ikan ikan invasif yang merusak bahkan membinasakan ekosistem asli penghuni sungai tersebut.

Dahulu ikan sapu-sapu hanya kita jumpai di Pedagang pedagang ikan hias yang konon katanya ikan tersebut dapat membersihkan lumut dan lain sebagainya. Tapi, sekarang ini tidak bisa dipungkiri bahwa ikan sapu-sapu tersebut sudah banyak yang menguasai perairan sungai.

Ikan sapu-sapu bisa dibilang adalah ikan yang daya tahan tubuhnya kuat sehingga tidak mudah mati dan bisa dibilang perkembangbiakannya juga cepat sekali. Banyak yang mengatakan bahwa ikan itu adalah ikan yang suka memakan anakan ikan ikan kecil yang seharusnya bisa tumbuh besar tapi sudah musnah sebelum besar karena dimangsa oleh ikan sapu-sapu.

Selain ikan sapu-sapu ada juga ikan Red Devil atau sejenis ikan predator yang bisa dibilang sangat ganas dan mau memakan ikan-ikan yang bisa masuk ke mulutnya

Jika dibiarkan seperti itu secara terus-menerus mungkin nanti kedepannya kita tidak akan bisa lagi menjumpai ikan-ikan asli penghuni sungai yang memang dari dulu sudah hidup di situ tapi semakin kesini semakin sulit untuk kita jumpai.

Tentunya selain dari ekosistem yang hidup di sungai, manusia juga sangat berperan penting terhadap kelangsungan makhluk hidup yang mendiami sungai.

Tidak bisa dipungkiri semakin kesini ini banyak sekali bangunan-bangunan yang berdiri di pinggir-pinggir sungai yang seharusnya itu merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk tak hanya manusia saja tapi ya ya bisa kalian lihat sendiri sekarang.

Sungai-sungai menjadi kotor, airnya tidak bisa digunakan lagi oleh manusia itu sendiri karena sudah tercemar, dan tentunya bukan hanya manusia makhluk hidup lain juga akan susah untuk bisa bertahan hidup karena tidak ada sumber kehidupan lagi.

Sayangnya masyarakat kita masih kurang sadar terhadap pentingnya air sebagai sumber kehidupan. Masih banyak sekali orang yang membuang sampah di sungai membangun bangunan di pinggir kiri kanan sungai yang menyebabkan sungai itu menjadi kotor bahkan air pun tidak mau mengalir di sungai itu lagi.

Apakah kalian tidak pernah membayangkan Bagaimana jika sungai itu bersih sungai itu airnya jernih, disana banyak makhluk hidup yang hidup di dalamnya seperti ikan-ikan lokal, manusia bisa mencari sumber kehidupan di sana, Sampai kapan kita bisa sadar.

Semoga banyak orang yang terbuka hatinya untuk untuk bisa peduli lagi terhadap adanya Sungai, peduli lagi terhadap makhluk-makhluk hidup yang berada di dalamnya.

Tidak bisa dipungkiri juga bahwa banyak orang yang memandang sungai itu adalah seperti sesuatu yang ya begitu-begitu saja. Mungkin orang baru akan sadar Ketika suatu hari nanti mereka tidak menjumpai sungai-sungai yang bersih, ekosistem yang hidup didalamnya juga sudah musnah, yang terjadi tinggallah penyesalan.