Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tempat yang Wajib Dikunjungi Ketika Berkunjung Ke Kecamatan Prambanan

Prambanan adalah salah satu Kecamatan di kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta dan  terletak diantara Kabupaten Klaten dan juga Kabupaten Sleman.

Merupakan salah satu nama kecamatan yang populer karena destinasi wisatanya yaitu candi Prambanan atau biasa disebut dengan Candi Roro Jonggrang.

Bisa dibilang Candi Prambanan ini ini merupakan salah satu bangunan bersejarah yang sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu. Sebuah candi peninggalan agama Hindu dengan kisah yang masih populer sampai sekarang ini.

Tinggi dari Candi Prambanan ini juga bisa dibilang merupakan salah satu Candi peninggalan agama Hindu tertinggi yang ada di Indonesia.


Dikelilingi oleh pagar yang melingkar cukup luas, Kompleks Candi Prambanan ini ini juga terdapat beberapa candi-candi lain yang masih dalam satu Kompleks Candi Prambanan.

Dan di sebelah selatan Kompleks Candi Prambanan juga terdapat salah satu pasar terbesar di kecamatan tersebut yaitu adalah Pasar Prambanan.

Sebuah tempat perdagangan jual beli yang sangat ramai aktivitas-aktivitas manusia di sana.

Bisa dibilang Pasar Prambanan sendiri adalah pasar yang belum lama habis direstorasi dari yang dulunya merupakan pasar tradisional menjadi pasar yang semi modern dengan bangunan megah bertingkat.

Mulai dari kebutuhan pokok sandang pangan, kebutuhan elektronik, perhiasan, semua itu dapat dijumpai di Pasar Prambanan.

Dan di sebelah barat Pasar Prambanan dan juga Candi Prambanan terdapat sebuah Sungai yang menjadi batas antara Kecamatan Prambanan dan Kecamatan Kalasan yaitu adalah Sungai Opak atau biasanya warga sekitar menyebutnya dengan kali opak.

Salah satu sungai terpanjang dan luas mengalir dari kaki gunung Merapi sampai ke ke Laut Selatan di daerah Parangtritis.

Salah satu sungai yang terdampak aliran lahar dingin ketika Gunung Merapi meletus dan selain memberi dampak negatif juga terdapat dampak positif karena banyak orang yang memanfaatkan pasir dari Sungai Opak untuk di tambang.

Dan masih di selatannya tidak terletak jauh dari kali opak kemudian Pasar Prambanan dan juga Candi Prambanan yaitu adalah candi ratu boko.

Salah satu candi yang masih terletak di kecamatan Prambanan dan berada di atas perbukitan seribu dengan daya tarik tersendiri yang berbeda dengan candi-candi lainnya.

Kurang lengkap rasanya jika sudah berkunjung ke Daerah Istimewa Yogyakarta sudah mau menyempatkan waktu untuk datang ke Kecamatan Prambanan kalau tidak sekalian mampir ke candi ratu boko ini.

Salah satu yang populer dari candi ratu boko ini adalah ketika Sore hari menjelang matahari terbenam. Akan sangat indah melihat Sunset dengan semburat warna orange bercampur dengan merah ketika dipadukan dengan keindahan gerbang candi ratu boko ini.

Selain itu masih ada banyak lagi tempat-tempat keren dan bagus di kecamatan Prambanan yang akan Sayang sekali jika dilewatkan ketika berkunjung di Daerah Istimewa Jogjakarta. Beberapa contohnya adalah candi barong, tebing breksi, Candi Ijo dan tentunya masih banyak lagi tempat-tempat keren lainnya.

Jangan lupa untuk mampir menikmati sesuatu yang berbeda, hilangkan penat dari sibuknya kota untuk menjelajah ke tempat yang belum pernah kaki menjejaki.