Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keindahan Alam dan Budaya Wonosobo Membuat Hati Ingin Datang Kembali

Pemandangan yang sangat luar biasa indahnya terdapat di sebelah Utara Gunung Sindoro, di situ ada sebuah jalan yang merupakan jalan alternatif dari Temanggung untuk sampai ke Dieng Wonosobo.

Mungkin masih banyak juga yang belum tahu bahwa di pinggir kiri kanan jalan tersebut ada ada hamparan luas perkebunan teh berwarna hijau yang sangat memanjakan mata ketika melewati jalan tersebut.

Hamparan pegunungan yang berjajar juga menampakan keelokannya membuktikan bahwa sang Maha Kuasa telah mengkaruniai kita sebuah alam semesta yang indah dan sayang sekali kalau kita tidak bisa menjaganya.


Wonosbo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah.

Tidak bisa dipungkiri bahwa di sekitar kawasan Wonosobo terdapat banyak sekali bentangan Alam Indah yang akan sangat sia-sia jika kita tidak bisa menikmatinya.

Daerah dengan bentang alam yang menakjubkan


Salah satu kota dengan Hawa sejuk yang cukup membuat badan menggigil kalau tidak terbiasa tinggal di sana. Tapi memang seperti itulah kondisi alam di Wonosobo. Berbeda dan berbanding terbalik dengan daerah perkotaan yang sudah ramai dengan aktivitas manusia di dalamnya.

Mungkin sudah beberapa kali saya pergi ke ke Kabupaten Wonosobo ini, banyak sekali cerita yang berbeda yang saya dapatkan. Tapi semua itu seakan tidak pernah selesai dan akan terus-menerus menciptakan pengalaman baru yang tidak akan pernah terlupakan.

Terkhusus untuk bentangan alam yang sangat luar biasa indahnya, seolah-olah seperti sebuah candu yang akan menuntut diri saya untuk kembali ke daerah tersebut.

Salah satu yang tidak akan terlupa apa adalah tentang keramahtamahan warga di sana, terkhusus di daerah yang masih tidak terlalu ramai dengan aktivitas manusia. Walaupun baru pertama tapi hal itu menjadi sesuatu yang membuat nyaman dan merasa diri lebih dihargai.

Terdapat banyak sekali objek wisata, gunung-gunung berjajar penampakkan keelokannya membuat para penjelajah alam ingin menapaki Langkah Demi Langkah kaki untuk sampai ke ke Puncak tertinggi.

Sayangnya Masih banyak orang yang hanya mengikuti trend terbawa dengan situasi tanpa dibekali ilmu dan rasa cinta untuk setidaknya tidak mengotori alam dari sampah yang dibawanya.

Edukasi dan edukasi tentu penting untuk dilakukan supaya banyak orang yang sadar bahwa alam akan memberi timbal balik dari apa yang sudah manusia perlakukan kepadanya.

Tumbuhan khas dari daerah Wonosobo


Salah satu keunikan dari Wonosobo ini adalah terdapat satu jenis pohon yang yang sangat jarang sekali tumbuh di wilayah lain dan hanya ada di daerah Wonosobo dan sekitarnya sajak.

Bahkan saya pernah membaca sebuah artikel bahwa ada seseorang yang telah mencoba untuk menanam pohon ini di daerah lain, tapi alhasil pohonnya tidak tumbuh seperti ketika berada di di Wonosobo itu sendiri.

Tak lain dan tak bukan pohon buah tersebut adalah carica, sebuah pohon yang menyerupai pohon pepaya dengan rasa yang berbeda dan buah yang berbeda juga.

Biasanya diolah menjadi manisan atau minuman yang ketika diminum Saat dingin dingin bisa membuat lega tenggorokan yang dahaga karena kesegarannya.

Dieng dengan segudang kisahnya


Merupakan salah satu daerah yang terkenal di Wonosobo dan merupakan sebuah tempat dengan julukan Negeri Diatas Awan.

Tak heran julukan itu tertuju pada daerah ini. Salah satu Desa tertinggi di Indonesia dengan banyak pemukiman penduduk dan dan segala aktivitas manusia ada di tempat ini. Desa tersebut adalah desa srumbung.

Jaket tebal, penutup kepala, sarung tangan, celana panjang, akan terasa kurang jika kita tidak terbiasa dengan Hawa dingin yang masih bisa menembus ke badan dan membuat tubuh menggigil kedinginan.

Sering juga muntah awan atau kabut putih tebal membatasi jarak pandang kita, disertai embun yang menjadi butiran air menambah kesejukan di tempat itu.

Salah satu daerah yang terkenal masih menjaga adat dan budayanya sampai sekarang ini.

Dan salah satu yang terkenal dari wilayah ini adalah tentang adanya beberapa anak kecil yang berambut gimbal Semenjak dia dilahirkan, dan ada upacara tertentu yang dilakukan apabila ingin memotong rambut gimbal tersebut, dengan syarat harus mau mau menuruti permintaan dari anak yang berambut gimbal tersebut.

Bukit Sikunir untuk menikmati sunrise


Terdapat sebuah pegunungan yang tidak terlalu tinggi dan bisa didaki dalam waktu yang tidak terlalu lama dengan jalur pendakian yang sudah dibuat begitu nyaman untuk Sampai Ke puncaknya.

Salah satu tempat untuk menikmati munculnya cahaya matahari dari sebelah timur dengan Rona cahaya yang begitu menyilaukan mata, tapi seakan Arah pandangan tak mau lepas darinya.

Tempat itu bernama Bukit Sikunir.

Salah satu tempat yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai macam daerah untuk melihat matahari terbit.

Terdapat juga sebuah Telaga di bawah Bukit Sikunir tersebut, biasanya di bibir Telaga itu digunakan oleh para orang-orang yang ingin mendaki bukit Sikunir di pagi hari, dengan bermalam dan membuat tenda di tempat tersebut.


Mungkin akan seperti tidak ada habisnya ungkapan kata-kata untuk membahas salah satu tempat indah yang berada di provinsi Jawa Tengah ini.

Tidak ada salahnya untuk menjejakkan kaki menikmati segala bukti kuasa Ilahi di daerah ini. Dan selamat berlibur dan menikmati hari-harimu.