Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Proses Breeding Channa Maru Sampai Berhasil

Channa maruliodes merupakan salah satu ikan lokal asli Indonesia yang terdapat di dua pulau besar yaitu adalah pulau Kalimantan dan juga pulau Sumatera. Ada juga beberapa Lokality yang berasal dari negara Malaysia dan masih satu pulau di kalimantan.

Beberapa tahun belakangan ini channa maru mengalami peningkatan peminat sebagai ikan peliharaan. Dari yang dahulu tidak terlalu dihargai karena hanya sebagai ikan konsumsi, sekarang menjadi primadona ikan kontes dan bisa berharga jutaan rupiah apabila dapat memenangkan kontes tersebut.

Terdapat banyak lokality dan varian dalam channa maru. Varian sendiri adalah warna dasar dari ikan ini terdiri dari dua yaitu banyak orang menyebutnya dengan yellow dan red, atau kuning dan merah. 


Sedangkan untuk lokality sediri merupakan dari mana si ikan Channa Maru itu berasal. Beberapa contohnya adalah lokality Riau adalah ikan yang berasal dari Riau, kemudian ada juga Barito, Sentarum, Sampit, dan lain-lain. Itulah beberapa lokality yang umum beredar di pasaran ikan hias Indonesia.

Habitat ikan channa maru dialamnya biasa hidup di rawa dan sungai-sungai dengan kedalam air yang tidak terlalu dalam.

Banyak juga para pemancing yang menargetkan ikan ini sebagai sasaran pancingnya, karena sambaran dan perlawan ikan berkepala ulan ini memiliki sensasi tersendiri berbeda dengan ikan jenis lainnya.

Hampir mayoritas ikan channa maru yang beredar di pasaran merupakan ikan hasil tangkapan alam. Banyak yang bilang kalau ikan chaana ini lumayan sulit untuk dibudidayakan karena banyak yang mencoba tapi masih belum berhasil.

Tapi beberapa bulan belakangan ini sudah terdengar info bahwa sudah ada beberapa orang yang berhasil mengembangbiakkannya. Tentunya ini adalah berita yang menggembirakan bagi para pencinta channa.

Dan berikut ini adalah rangkuman proses breeding atau mengembangbiakkan channa maru yang diperoleh dari berbagai sumber yang disimpulkan dalam satu artikel ini.

Dan sumber  itu berasal dari beberapa Channel Youtube diantaranaya berikut ini  Zaidi_Athayan_Najib ,  Jarwak Fish ,  Nadi Borneo
Itulah beberapa nama channel Youtube yang membahas Proses breeding channa maru dan sudah terbukti berhasil. Jika penasaran, silahkan langsung saja tontong saja video-video dalam channel tersebut.

Dari ketiga channel Youtube di atas Kurang lebih ada beberapa kesimpuan yang sama. Berikut ini diantaranya.

Ukuran Ikan Sudah Besar


Rata-rata ikan yang Ikan channa maru yang berhasil dibreeding sudah berukuran diatas 50 cm. Dengan ukuran yang sudah sebesar itu, dapat dipastikan bahwa usia ikan juga sudah diatas 2 atau 3 tahun.

Karena memang ikan ini merupakan ikan snake head yang dapat tumbuh dengan ukuran badan cukup besar, tak heran bahwa di ukuran dan umur segitu si channa maru baru bisa mulai untuk di kembangbiakkan.

Sayangnya di ukuran sebesar itu, tidak mudah juga untuk menjodohkan dua ekor ikan untuk menjadi sepasang. Apalagi ikan ini merupakan ikan predator atau ikan galak yang bisa menyerang ikan lain jika wilayah teritorynya terganggu.

Media yang Menyerupai Habitat Aslinya


Dari ketika sumber refrensi tersebut, ada hal yang sama, yaitu adalah media yang pinggirnya banyak terdapat berbagi macam tanaman dan kayu.

Mungkin hal ini juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan membudidayakan ikan channa maru.

Dengan susana dan kondisi seperti itu membuat sepasang channa maru ini nyaman untuk berkembangbiak mengeluarkan telurnya.

Cara berkembangbiaknya tidak terlalu beda dengan ikan channa jenis lain


Proses pekebembangbiakkannya juga tidak jauh berbeda, yaitu dengan cara ngebolla antara induk jantan dan juga betina kemudian si betina akan meneluarkan telurnya.

Biasanya akan membuat sarang di dengan menggunakan tanaman air untuk menaruh telurnya.

Dan ketika telur sudah keluar, Kedua induk tersebut, akan menjadi super protektif menjaga sarang dan telurnya. Tapi untuk menyelamatkan supaya telur dapat menetas lebih maksimal, si keeper mengabil telur2 tersebut dan menempatkannya dalam wadah yang berbeda.


Jika kalian penasaran dengan videonya, silahkan langsung saja tonton di 3 channel youtube itu tadi untuk belajar, mendapatkan refrensi, dan memperoleh ilmunya.

Semoga kedepannya ikan lokal perairan indonesia ini, bisa terus stabil trendnya bahkan lebih baik lagi. Berharap supaya bisa lebih luas jangkauannya sampai ke luar negri sebagai ikan hias yang banyak manfaatnya.