Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca Ini Sebelum Memelihara Ikan Di Rumah

Sudah menjadi kewajiban bagi para untuk mencukupi kebutuhan pangan dari hewan peliharaanya.

Selain pakan, kwalitas air dan juga kelayakan tempat juga harus diperhatikan.


Kita sebagai pemelihara jangan cuma hanya ingin sekedar punya saja, tapi juga harus bersedia untuk merawatnya.

Ikan juga merupakan makhluk hidup ciptaan tuhan, bisa juga merasakan sakit, bisa juga sehat, dan bagi mereka yang benar-benar peduli, pasti akan melakukan segala cara untuk memulihkan ikan peliharaannya.


Banyak sekali jenis penyakit yang bisa menghampiri ikan peliharaan kita. Mulai dari penyakit yang mudah untuk disembuhkan sampai yang sangat sulit untuk disembuhkan sampai membuat pemeliharanya putus asa.

Kwalitas air bisa sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan hidup ikan di dalamnya. Ada yang bilang bahwa memelihara ikan adalah memelihara air.


Pakan juga sangat banyak sekali pilihan mulai dari pakan alami sampai pakan buatan pabrik. Point pentingnya adalah pastikan ikan peliharaan kita mau untuk memakannya. 


Gambar oleh Christel SAGNIEZ dari Pixabay

Perhatikan efek dan kondisi ikan setelah dikasih makan, apakah ada efek negatif atau tidak. Jika dirasa ikan menjadi malas bergerak bisa jadi pakan dan juga kondisi air memang tidak cocok untuk ikan.


Salah satu hal yang menyebabkan banyak orang suka memelira ikan adalah rasa tenang dan damai ketika melihat ikan peliharaanya berenang dengan nyamannya di dalam air. Banyak yang mengatakan ini ada salah satu cara healing menenangkan diri.


Walaupun harga ikan kadang naik kadang turung, jika sudah hobi dan cinta, tentu itu bukanlah hal  yang menjadi beban karena tujuan utamanya bukan hanya mencari keuntungan dalam bentuk uang semata.

Kalau tujuan utama memelihara ikan adalah mencari keuntungan, sebenarnya tidak menjadi masalah, tapi siap siap saja kecewa kara apa yang diinginkan belum tentu akan terwujud. Mungkin karena harga jual menurun, trend yang tergantikan, atau ikan mati.

Nikmati apa yang kita jalani dengan hati, niscaya semua juga akan kembali pada kita