Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunker Kaliadem, Tempat Indah Untuk Menikmati Pemandangan Puncak Merapi

Bunker Kaliadem, merupakan salah satu tempat wisata yang berada di kaki gunung Merapi dan termasuk tempat yang cukup ramai dikunjungi para wisatawan ketika musim liburan telah tiba..

Salah satu peristiwa yang tidak bisa dilupakan dari tempat ini adalah ketika tragedi Gunung Merapi meletus di tahun 2006.

Saat itu terdapat dua korban jiwa dari letusan Gunung Merapi karena mereka mencoba menyelamatkan diri bersembunyi di dalam bunker Kaliadem. Memang kuasa alam tidak bisa dilawan, material gunung merapi menutupi bunker tersebut dan dua orang yang berada di dalamnya tidak bisa selamat.

Tapi, setelah sekian tahun berlalu daerah di bunker Kaliadem menjadi salah satu tempat wisata yang ramai para pengunjung karena memang jarak puncak Merapi dengan bunker Kaliadem tidak terlalu jauh sehingga puncak merapi akan terlihat begitu jelas.



Saat cuaca cerah, puncak Merapi akan begitu indah menjulang tinggi terlihat, membuat mata terkagum akan keindahan pemandangan yang dimilikinya.

Rute untuk sampai ke Bunker Kaliadem


Untuk sampai ke bunker Kaliadem ini sebenarnya ada beberapa jalur yang bisa dilewati. 

Yang umum adalah melewati jalan aspal yang terletak di sisi sebelah barat. Kondisi jalannya cukup bagus tapi untuk jenis kendaraan tertentu diwajibkan berhenti dan harus menyewa mobil offroad beserta sopirnya nya.

Bukan Tanpa Alasan, Jalan menanjak yang cukup curam untuk sampai ke tempat wisata bunker Kaliadem ini bisa dibilang extreme atau berbahaya.

Hal itu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak dikehendaki.

Ada juga jalur sebelah timur tapi kondisi jalannya sangat tidak disarankan untuk kendaraan normal karena masih berupa pasir dan bebatuan dan biasanya digunakan untuk lalu lintas truk truk pengangkut pasir Merapi.

Dan jalur inilah yang biasanya juga digunakan oleh para penyedia layanan jasa mobil offroad untuk sampai ke bunker Kaliadem.

Karena karakter mobil dan juga kondisi jalan sangat cocok untuk penikmat offroad yang suka akan jalan bergeronjal.

Bisa menyewa mobil offroad untuk menjelajahi kawasan di kaki gunug merapi


Jika kalian lewat jalan aspal ini tidak perlu pusing untuk mencari jasa penyewaan mobil offroad, karena nanti di sepanjang jalan sudah banyak dijumpai mobil-mobil offroad yang terparkir rapi.

Tentunya ketika sudah menyewa mobil beserta sopir, Maka para wisatawan akan dilewatkan jalur khusus offroad untuk sampai ke bunker Kaliadem ini. Atau banyak orang menyebutnya dengan lava tour merapi.

Hal itu tentu akan menambah kesan yang tidak akan terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke daerah wisata di sekitar kaki gunung Merapi.

Terbukti banyak wisatawan yang menikmati offroad di sekitar Jalur untuk menuju bunker Kaliadem ini. Terlihat dari senyum gembira terlihat di wajahnya. Karena bukan hanya ke bunker saja, para wisatawan juga akan diajak ke tempat wisata lain yang masih di sekitar kaki Gunung Merapi ini

Bisa dibilang wisata Kaliadem ini adalah tempat tertinggi yang bisa dikunjungi wisatawan ketika ingin berwisata di daerah kaki gunung merapi, karena jarak bunker dari puncak gunung cuma sekitar 4 km saja.

Pesona alam menjadi daya tarik tersendiri


Lalu apa saja sebenarnya yang akan didapatkan wisatawan ketika berkunjung ke bunker Kaliadem ini?

Tentunya adalah pemandangan indah puncak Merapi dan kita juga bisa melihat luasnya daerah Sleman dan sekitarnya dari ketinggian.

Rasa sejuk dan dingin yang dirasakan tentu juga membuat hati dan pikiran menjadi lebih tenang. Ditemani burung-burung bernyanyi yang masih banyak dijumpai di daerah Kaliadem ini.

Masuk ke dalam bunker


Jika kalian penasaran dengan isi dari bunker Kaliadem, sebenarnya ukuran dari bunker ini tidak terlalu besar dan lebar. Jadi para wisatawan jika penasaran bisa mencoba untuk masuk ke dalam.

Terdapat satu pintu besi sebelum memasuki ruangan bunker ini. Karena bunker Ini terletak di bawah permukaan tanah, suhu yang dingin akan lebih terasa.

Di dalamnya juga terdapat batu atau material gunung berapi yang sudah mengeras, mungkin itu adalah sisa dari erupsi Gunung Merapi yang pernah terjadi.

Di atasnya juga terdapat sisa material dari letusan Gunung Merapi yang bisa dijadikan sebagai Spot foto dengan latar belakang puncak gunung merapi itu sendiri.

Tepat di sebelah timur dari bunker Kaliadem ini terdapat aktivitas tambang pasir yang cukup ramai, bahkan suara dari mesin-mesin bego dan truk yang diisi pasir Merapi akan cukup terdengar sampai ke bunker Kaliadem ini.

Banyak warung di kawasan ini


Jika rasa haus muncul atau mungkin juga merasakan lapar, tidak perlu khawatir karena di sekitar kawasan wisata bunker Kaliadem ini ini juga sudah terdapat banyak warung yang menjajakan dagangannya.

Selain itu banyak juga pedangang yang menjual kerajinan tangan bahkan alat-alat masak yang terbuat dari batu, seperti cobek dan sebagainya.

Fasilitas toilet juga sudah tersedia jadi tidak perlu bingung jika hajat ingin buang air kecil atau buang air besar tiba.



Salah satu hal yang tidak bisa dipungkiri Pesona Indah Gunung Merapi adalah selalu mempunyai cerita tersendiri.

Walaupun terkadang membuat duka, di sisi lain Merapi punya cara tersendiri untuk memberi berkah kepada siapapun yang membutuhkannya