Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata di Pantai Depok Yogyakarta Terkenal Dengan Banyaknya Perahu Nelayan

Pantai Depok salah satu pantai yang berada di sisi Selatan Yogyakarta dan terletak di kabupaten Bantul.

Merupakan salah satu destinasi wisata favorite baik dari dalam maupun luar daerah Yogyakarta.

Khusus di musim liburan pantai ini selalu ramai pengunjung. Terbukti dari banyaknya kendaraan yang terparkir di area parkir kawasan wisata Pantai Depok. Baik itu kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat.

Untuk biaya masuk ke kawasan wisata Pantai Depok dikenai Rp10.000 per orang di gerbang masuk dan itu termasuk cukup murah karena bukan hanya untuk di kawasan Pantai Depok saja, tetapi juga untuk sepanjang kawasan di pantai-pantai lain yang masih satu kawasan dengan pantai Depok.

Beberapa contohnya adalah Pantai Parangtritis, Parangkusumo, Cemoro Sewu, gumuk pasir, dan masih banyak tempat wisata lain yang ada di kawasan tersebut.


Tapi walaupun sudah membayar biaya masuk kawasan tersebut sebesar Rp10.000, untuk masuk ke masing-masing tempat wisata akan ada biaya parkir.

Untuk biaya parkir sendiri kendaraan roda dua dikenakan Rp3.000 dan kendaraan roda empat sebesar Rp7.000.

Saat musim liburan tiba akan banyak sekali bis-bis besar dan kendaraan lain dari luar kota yang memasuki kawasan wisata ini.

Jadi perlu kesabaran dan kehati-hatian supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.


Banyak perahu yang bersandar


Salah satu dari keunikan pantai ini adalah terdapat banyak perahu-perahu nelayan yang menepikan perahunya di sepanjang Pinggiran pantai ini.

Bisa dibilang merupakan tempat berangkat maupun pulang para nelayan untuk mencari ikan di laut.

Dan itulah yang ditunggu oleh para wisatawan, yaitu adalah ketika perahu-perahu nelayan yang selesai melaut dan membawa ikan, di situlah para wisatawan sudah bersiap menunggu untuk membeli ikan hasil tangkapan dari nelayan.

Salah satu momen yang mungkin jarang ditemui di pantai lain adalah ketika melihat para nelayan berangkat dan pulang melaut, momen itulah yang menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan.

Mencicipi langsung ikan segar hasil dari nelayan


Tentu hasil ikan dari nelayan juga banyak jenisnya, biasanya mereka akan menawarkan langsung kepada para pembeli atau wisatawan. Dan wisatawan lah yang menentukan Ikan apa yang akan dibelinya.

Selain itu di pantai Depok ini juga banyak ibu-ibu yang menawarkan jasa untuk memasak ikan ikan yang habis dibeli wisatawan dari pinggir pantai langsung, tentunya dengan harga bervariasi.

Untuk jasa membersihkan dan goreng atau bakar ikan ini, rata-rata dibanderol dengan harga Rp30.000 per kilo.

Tapi sebenarnya juga tidak ada kewajiban untuk mau menerima jasa tersebut atau tidak. Jika ikan yang dibeli dari nelayan ingin dibawa pulang juga tidak apa-apa.

Selain itu juga terdapat banyak kios ibu-ibu yang menjual hasil dari laut yang sudah matang tergoreng. Ada ikan, udang, undur-undur dan berbagai macam hasil laut yang sudah siap untuk dimakan.

Bisa bermain di laut tapi tetap hati-hati


Banyak juga orang-orang yang menghabiskan waktunya di pantai ini dengan bermain air di laut mulai dari anak kecil sampai orang dewasa.

Tapi yang perlu diperhatikan adalah tetap keselamatan dari pengunjung yang berlibur di pantai ini dan memutuskan untuk bermain di laut.

Karena yang namanya laut, kita tidak akan tahu kalau tiba-tiba ombak besar datang. Dan tentunya itu akan sangat berbahaya bagi mereka yang belum siap.

Karena tidak bisa dipungkiri bahwa sudah banyak korban jiwa yang terdampak dari gulungan ombak di Pantai Selatan ini.

Pasir hitam halus sepanjang pantai


Mempunyai garis pantai dengan pasir hitam halus tidak jauh berbeda dengan pantai yang berada di samping kiri kanannya.

Berbeda juga dengan pantai Parangtritis yang cenderung datar, di pantai Depok ini
Pantainya lebih menjorok ke laut.

Seperti umumnya kawasan pantai di daerah lain di pantai Depok ini juga terdapat kamar mandi yang biasanya digunakan wisatawan untuk bersih-bersih badan dan berganti baju.

Masalah sampah yang umum dijumpai di tempat wisata


Sayangnya masalah umum yang biasa terjadi di tempat wisata juga terjadi di pantai Depok ini. Yaitu adalah banyaknya sampah yang berserakan ketika musim liburan tiba, sehingga membuat pandangan mata menjadi kurang puas untuk Menikmati keindahan alam ini.

Di sepanjang pantai juga terdapat banyak Spot foto dan itu bertarif Rp2.000 untuk pakai kamera sendiri, dan Rp10.000 untuk Jasa cetak langsung jadi di tempat.

Selain itu juga banyak sekali jasa penyewaan tempat berteduh dan juga alas di atas pasir, karena memang di siang hari apalagi ketika cuaca sedang terik-teriknya, cahaya matahari akan sangat terasa menyengat kulit.



Selamat berlibur dan Menikmati keindahan alam yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Selain pantai, wisata mendaki gunung juga merupakan salah satu tujuan destinasi yang wajib untuk dikunjungi terkhusus bagi para penikmat alam untuk menghabikan waktunya untuk menikmati alam.

Masing-masing tempat akan punya kenangan dan cerita yang berbeda ketika kita mengunjungi satu daerah dan daerah lain yang berbeda pula.