Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua

SIMBAHNUR.COM - Memiliki kendaraan tua atau sudah berumur pastinya memerlukan perhatian ekstra untuk merawatnya. Supaya kenyaman serta performa tetap terjaga walaupun usianya bisa dibilang sudah tidak muda lagi.

Salah satu bagian penting dari sebuah kendaraan Terletak pada karburator.

Contohnya apabila karburator tersebut kotor dan kurang terawat, hal ini dapat menyebabkan berkurangnya fungsi dari karburator itu sendiri, sehingga sangat berpengaruh terhadap performa dan kenyamanan kendaraan. Tidak salah jika karburator bisa diibaratkan sebuah jantungnya kendaraan.

Karburator Vespa Tahun Tua

Sudah menjadi keharusan bagi pemilik kendaraan tua untuk menservis serta membersihkan karburator secara rutin.  Hal tersebut dilakukan dengan maksud dan tujuan supaya karburator menjadi bersih dan dapat berfungsi dengan normal.

Namun apabila malas untuk pergi ke bengkel, mungkin bisa mencoba untuk melakukannya sendiri di rumah tanpa perlu membawanya ke bengkel, tentunya hal ini bisa menambah pengetahuan kita tentang karburator serta dapat meminimalisir pengeluaran.

Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua

Sebenarnya ada banyak hal yang dapat menyebabkan performa vespa terasa kurang nyaman dan kurang maksimal ketika dikendarai. Bisa dari karburator, pengapian, kondisi vespa , dan masih banyak hal yang lainnya.

Bagi kalian yang belum pernah melakukannya sendiri, bisa membaca prakteknya di bawah ini, Sebagai panduan ketika kalian ingin mencoba mempraktekannya sendiri. Berikut adalah tahapan-tahapan membersihkan karburator vespa.

1. Lepaskan Karburator Dari Tempatnya

Tempat karburator vespa, banyak orang yang menyebutnya dengan istilah mangkuk. Kalian bisa memulai dengan membuka tutup mangkuk karburator tersebut dengan menggunakan obeng.

Setelah tutup sudah terbuka, hal berikutnya ada melepas filter karburator. Kalian bisa menggunakan obeng untuk melepasnya.

Berikutnya untuk melepaskan karburator dari tempatnya, kalian bisa menggunakan kunci T biasanya ukuran sebelas utuk melepaskan dua buah mur yang yang ada di karburator.

Jangan lupa juga untuk melepaskan selang bensin serta nepel sulur gas dengan menggunakan obeng atau tang. Jika semua itu sudah tinggal angkat karburator dari tempatnya
 
2. Bongkar Bagian-bagian Karburator

Lepaskan semua bagian-bagian dari karburator, mulai dari spuyer, kemudian deksel, jarum stasioner, jarum angin, jarum pelampung, pelampung, lidah skep dan yang lainnnya.

Tentunya dengan membongkar bagian demi bagian, pembersihan karburator akan lebih mudah dan juga maksimal.

Yang paling penting jika baru pertama kali membongkar karburator vespa, kalian harus ingat penempatan bagian karburator tersebut, sehingga ketika nanti akan memasangnya, kalian tidak akan kerepotan.

Bisa dilakukan dengan cara memfoto atau memvideokan ketika sedang membongkar karburator tersebut.

3. Pembersihan Bagian-bagian Karburator

Setelah bagian-bagian dari karburator sudah terbongkar, tinggal bagaimana kita membersihkannya. Pembersihan karburator vespa itu sendiri bisa dilakukan dengan berberapa cara.

Yang pertama, bisa menggunakan karbur cleaner, dengan membelinya di toko onderdil kendaraan. Dan harganya cuma sekitar dua puluh ribu sampai tiga puluh ribuan.

Penggunaanya pun cukup mudah, tinggal semprotkan saja pada lubang-lubang yang terdapat di karbu, serta bagian-bagian Karburator seperti spuyer dan lain sebagainya. Maka kotoran yang berada di karburator akan hilang.

Jika penggunaan carbu cleaner dianggap buang-buang uang, kalian bisa mencoba dengan cara merebusnya dengan air mendidih. 

4. Pemasangan Kembali Karburator

Jika semua telah dilakukan, tahap ke empat ini adalah pemasangan kembali bagian-bagian dari karburator.

Untuk pemasangan, tinggal menyatukan kembali bagian-bagian dari karburator seperti ketika tadi membongkarnya. Setelah itu tinggal pasang kembali karburator ke mangkuk karburator.

Jangan lupa juga untuk memasang selang bensin serta sulur gasnya, supaya bensin bisa turun ke karburator, Dan vespa dapat menyala kembali.

Jika tahapan diatas sudah dilakukan semua, sekarang tinggal mensetting kembali setelan angin dari karburator vespa tersebut. Fungsinya untuk mendapatkan campuran antara angin dengan bensin  yang pas. Dan untuk caranya kalian bisa membaca disini Cara Menseting Setelan angin Karburator Vespa.

Cara Mensetting Setelan Angin Karburator Vespa Tahun Tua

Setelah karburator telah dibersihkan hal berikutnya adalah mensetting setelan angin karburator vespa, Supaya campuran angin dan bahan bakar bisa pas.

Settingan karburator yang kurang pas dapat membuat performa vespa kurang maksimal yang bisa ditandai dengan vespa terasa berat seperti membawa beban, padahal tidak ada yang membonceng  dan seperti tidak ada tenaganya.

Begitu juga sebaliknya, jika setingan karbutor pas maka percampuran bensin dan angin akan seimbang sehingga performa vespa tentu akan meningkat. Hal ini bisa ditandai dengan vespa yang terasa lebih ringan dan juga nafasnya bisa terasa lebih panjang.

Dan tanpa lama-lama lagi langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama Panasi Mesin Terlebih Dahulu

Hal ini bertujuan untuk menjadikan mesin dalam kondisi prima dalam keadaan apapun, dalam hal ini keadaan mesin panas maupun dingin. Apabila mensetting karbu dalam keadaan mesin masih dingin, nanti ketika mesin dalam keadaan panas kemungkinan putaran mesin akan menjadi lebih tinggi.

Jangan biasakan memanasi kendaraan dua stroke atau dua tak dengan tanpa menarik gasnya. Dalam hal ini kalian cuma menyalakan motor kemudian didiamkan begitu saja. Hal ini dapat menyebabkan timbulnya kerak yang berlebih di kepala piston dan head kop karena oli campur dan bensin tidak terbakar dengan sempurna, sehingga  kepala piston dan head kop akan kotor serta busi akan cepat menghitam.

Biasakan kalau memanasi vespa, ajak vespa kesayangan kalian sekedar berkeliling menikmati jalan sembari menunggu mesin vespa panas. Hal ini menurut saya jauh lebih baik daripada cuma menyalakannya kemudian didiamkan begitu saja.

2. Posisikan Gas Pada Putaran Tinggi

Setelah mesin dirasa sudah cukup panas, kalian bisa melakukan ini dengan dua cara. Yang pertama bisa menarik handle gasnya dengan menggunakan salah satu tangan hingga dirasa sudah mencapai rpm yang cukup tinggi dan tangan yang satunya mengatur jarum angin di karburator.

Yang kedua, Kalian bisa memutar jarum stasioner searah jarum jam hingga rpm gas meninggi. Sebenarnya kedua cara diatas sama saja. Fungsinya untuk menaikan rpm gas

3. Putar Jarum Angin kearah Kanan 

Jarum setelan angin ini terletak di belakang mangkuk karburator.
Di mangkuk tersebut, di sisi belakang atau bawah, ada lubang kecil tempat untuk setting jarum angin karburator vespa.

Sembari gas dalam posisi tinggi, putar jarum setelan angin kearah kanan atau searah jarum jam, dengarkan hingga suara mesin memelan dan hampir mati atau brebet. Setelah ditemukan kondisi seperti itu, putar kembali jarum setelan angin kearah sebaliknya sampai menemukan suara mesin paling melengking tinggi.

Ketika sudah menemukan kondisi seperti itu, itulah kondisi ideal dimana percampuran bensin sudah pas. Saat suara mesin semakin tinggi, jika terus diputar berlawanan arah jarum jam, maka nanti kalian akan menemukan kondisi dimana suara mesin akan mulai turun kembali.

Disitulah kalian dapat menentukan mau setelan basah atau setelan kering. Setelan basah adalah jumlah bensin lebih banyak daripada udara, begitupun sebaliknya dengan setelan kering.

Tinggal diatur sesuai kebutuhan mesin kalian dan mana yang dianggap lebih cocok untuk mesin masing-masing, karena kebutuhan tiap motor itu berbeda beda.

4. Mengatur Jarum Stasioner

Jika sudah menemukan setelan angin yang dirasa cocok dan sesuai dengan kebutuhan mesin vespa kalian, hal terakhir yang harus dilakukan adalah mengatur jarum stasioner yang ada di karburator. Ini dilakukan untuk membuat gas vespa menjadi langsam atau pas, sehingga gas tidak terlalu tinggi dan juga sebaliknya.

Jika langkah-langkah diatas sudah dicoba, silahkan rasakan perbedaan sebelum dan sesudah mensetting setelan angin karburator, apakah ada yang berbeda atau tidak terhadap performa vespa kalian.

Baca Juga : Keunikan Vespa Extreme Indonesia

Sebenarnya tidak ada salahnya mencoba, tapi lebih baiknya ajaklah atau mintailah bantuan ke orang yang paham tentang setinggan karburator vespa, supaya dapat membimbing serta belajar langsung darinya. Karena setting karburator vespa bukan cuma mensetting setelan angin tapi juga ada spuyer baik main jet serta pilot jet dan juga bagian dari karburator vespa yang lainnya.

Penutup

Jika ingin paham tentang vespa ya harus belajar.
Dan cara terbaik untuk belajar adalah mencoba mempraktekannya (menurut saya) jadi bukan hanya sekedar teorinya saja.

Okelah mungkin artikel tentang bagaimana Cara Membersihkan Karburator Vespa cukup sampai di sini. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik serta bisa memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D