Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merebus Karburator Vespa Tahun Tua Yang Hemat Biaya

SIMBAHNUR.COM - Pernahkah terbersit dalam pikiran kalian untuk merebus sebuah karburator? Mungkin banyak yang beranggapan jika melakukan hal tersebut bukannya menyelesaikan masalah justru malah menambah masalah. Tapi jangan berfikiran seperti itu jika kalian belum mencobanya sendiri.

Hal ini pernah sayalami ketika mesin vespa mogok dan sama sekali tidak mau dinyalakan. Saat itu saya bingung penyebabnya itu apa dan apa yang harus saya lakukan. Padahal dari mengecek pengapian, mencopot karbu dan membersihkannya dengan bensin sudah saya coba. Tetapi hasilnya tetap nihil karena vespa tetap tidak mau hidup.

Dan kebetulan saat itu saya sempat membaca postingan di sosial media dan ada yang memposting tentang merebus karburator motor, walaupun yang dipraktekan bukan karburator vespa. Dan dalam postingan tersebut, mengatakan kalau merebus karburator bisa membuat karburator menjadi bersih dan bisa menambah performa sepeda motor. 


Tapi sejujurnya pada saat itu saya masih ragu dengan postingan tersebut. Berhubung sudah menyerah dengan apa yang sudah saya lakukan karena vespa belum mau menyala, akhirnya dengan rasa penasaran ditambah pasrah, dengan mengikuti langkah-langkah yang ada dalam postingan tersebut, saya memberanikan diri untuk mencoba mempraktekkannya.

Baca Juga : Cara Mudah Mensetting Platina Vespa Langsung Paham

Diluar dugaan ditambah rasa tidak percaya, ternyata setelah mencoba mempraktekkannya dan karburator sudah terpasang, sekali engkol mesin langsung dapat hidup kembali. Setelah mesin berhasil hidup jujur rasanya sangat bahagia karena sudah satu bulan bahkan lebih mesin vespa tersebut tidak mau menyala, akhirnya bisa hidup kembali.

Cara Hemat Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua

Tidak perlu khawatir untuk masalah hasil setelah direbus nanti. Kalau mau silahkan dicoba, kalau ragu untuk mencoba ya terserah kalian :D

Okelah bagi kalian yang ingin tahu atau penasaran dengan Tutorial merebus karburator vespa serta lagkah-langkahnya, berikut sayjelaskan dibawah.

1. Siapkan Wadah Untuk Merebus Karburator

Wadah atau tempat untuk merebus karburator disini, Kalian bisa menggunakan apa saja yang penting tahan panas dan tidak bocor. 

Kalau saya waktu itu menggunakan kaleng bekas roti, karena memang itu yang ada ditambah eman-eman kalau mau menggunakan wajan atau panci karena masih digunakan untuk memasak. Lebih baik gunakan barang bekas yang ngak terpakai saja, tapi ya terserah kalian saja sih :D

2. Siapkan Sabun Pencuci

Disini saya menggunakan sabun pencuci piring yang biasaya digunakan ibu-ibu untuk mencuci piring atau gelas-gelas kotor. Karena memang waktu itu adanya ya cuma sabun itu makanya saya menggunakan sabun cuci piring tersebut.

Ngak tahu kalau menggunakan sabun yang lainnya, apakah hasilnya akan sama atau tidak.

3. Merebus Air Hingga Mendidih

Rebuslah air secukupnya hinggairnya mendidih. Hal ini dilakukan supayair yang mendidih dapat  mengangkat kerak yang menmpel diluar maupun didalam karburator. Sembari air mendidih masukkan juga sabunnya.

4. Memasukkan Karburator Ke Dalam Air Rebusan

Setelah karburator telah terbongkar, masukkan bagian-bagian dari karburator. Jangan memasukkan bagian karburator yang tidak tahan dengan panas. Seperti pelampung, Jarum pelampung dan bagian lainnya yang tidak tahan dengan panas.

Dalam perebusan karburator ini mungkin memerlukan waktu sekitar tiga puluh menit sampai satu jam, tergantung seberapa kotor karburator tersebut. Sembari merebus nanti bakal ada kotoran yang keangkat ke atas. Selamada kotoran tersebut, ambil dan bershikan menggunakan sendok atau alat yang lainnya.

5. Membilas Dengan Air Mengalir

Selesai dengan perebusan, kali ini adalah membersihkan dengan air yang mengalir. Hal ini dilakukan supaya karburator bisa lebih bersih lagi dan menghilangkan bekas sabun yang ada di karburator. 

Sembari mencuci rebuslah air kembali, tentunya air yang baru bukan air bekas rebusan karburator tadi. Ketika air sudah benar-benar mendidih, masukkan kembali karburator tadi sekitar sepuluh sampai lima belas menitan atau lebih. Ini dimaksudkan supaya setelah direbus karburator dapat lebih cepat kering karena dari panas perebusan tadi. 

Setelah itu jemurlah karburator sampai benar-benar kering. Kalian bisa mengeringkannya dengan kompresor. Kalaupun tidak ada kompresor, cukup tiup saja lubang-lubang dari karburator tersebut sampai tidak ada air didalamnya.

Kalau ragu ingin mempraktekkan dan tidak berani untuk mengambil resiko ya lebih baik jangan mencobanya,serahkan pada ahlinya saja. Kalau berani mengambil resiko ya silahkan. Yang ada dalam tulisan ini adalah apa yang sudah saya coba dengan berani mengambil resiko terburuknya. Dan syukur semua sesuai dengan harapan.

Okelah mungkin artikel tentang Merebus Untuk Membersihkan Karburator Vespa cukup sampai di sini. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik serta bisa memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D