Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Langkah Mengganti Oli Mesin Vespa Tahun Tua


SIMBAHNUR.COM - Mengganti oli mesin, merupakan hal wajib yang harus dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak sekian kilometer dan dalam jangka waktu tertentu. Jika sampai terlambat dilakukan, maka hal yang buruk bisa saja terjadi pada kendaran yang kita sayangi.

Dan yang akan dibahas kali ini adalah bagaimana cara mengganti oli mesin vespa tahun tua.

Bagi yang belum tahu, sebenarnya mengganti oli mesin vespa sendiri bisa dibilang cukup mudah dan bisa dilakukan tanpa perlu memiliki keahlian khusus. Bahkan orang yang belum pernah melakukannya, jika mau mencoba, pasti bisa melakukannya.

Langkah-langkah Mengganti Oli Mesin Vespa Klasik

Okelah tidak perlu banyak basa-basi, berikut ini adalah apa yang harus dilakukan untuk mengganti oli mesin vespa tahun tua . Dan tanpa lama-lama lagi, langsung saja simak tulisan dibawah ini.

1. Siapkan Oli Baru

Namanya ganti oli ya jelas harus ada oli baru untuk mengganti oli bekasnya. Untuk harga tergantung merek olinya. Tapi belum tentu juga harga oli yang mahal cocok untuk si vespa, begitu juga sebaliknya.

Kalau untuk mesin vespa standar, kapasitasnya sekitar lima ratus mili liter. Jangan terlalu banyak memamsukkan oli melebihi kapasitas, Karena nanti oli mesin akan masuk ke ruang bakar dan dapat menjadi kerak disana.

Biasanya jika membeli oli mesin khusus vespa, dalam satu wadah atau botol sudah ada takaranya. Jadi tidak perlu repot-repot untuk menghitung seberapa banyak oli yang akan dimasukkan.

Baca Juga : Inilah 5 Langkah Merebus Karburator Vespa Tahun Tua

2. Siapkan Tampungan Untuk Oli Bekas

Tampungan disini fungsinya untuk menampung oli bekas supaya tidak keluar sembarangan, kalian bisa menggunakan botol bekas atau apalah terserah kalian.

Taruh wadah oli bekas tepat dibawah baut atau lubang keluarnya oli. Hal ini dilakukan supaya oli yang keluar nanti tidak bececeran kemana-mana.

3. Buka Dua Baut Tutup Oli

Gunakan kunci pas atau kunci ring untuk membuka dua baut keluar masuknya oli. Kalau di vespa, biasanya kunci yang digunakan adalah ukuran sebelas.

Jika ukuran baut oli mesin di vespa kalian ukurannya berbeda, ya tinggal cocokkan saja kuncinya sesuai ukuran baut oli mesin di masing-masing vespa kalian.

Baut ini terletak dibelakang bawah mesin dan dibawah mesin, jika bautnya masih original biasanya  ada tulisan olio di baut tersebut.baut bagian bawah untuk mengeluarkan oli sedangkan yang satunya untuk memasukkan oli.

Setelah bautnya sudah lepas terbuka, tinggal tunggu saja oli bekasnya mengalir keluar sampai tidak ada oli yang menetes lagi.

4. Memasukkan Oli Baru

Jika tahapan diatas sudah selesai dilaksanakan maka kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana memasukkan oli yang baru kedalam mesin vespa. Sebenarnya cukup mudah, kalian tinggal mengembalikannya saja seperti diawal.

Pertama pasang kembali baut tutup oli. Yang dipasang disini adalah baut yang berada di bawah mesin. Setelah baut penutup oli yang dibawah mesin sudah terpasang, kali ini adalah memasukkan oli baru.

Tapi sebelumnya ganjal standar bagian kanan hingga vespa sedikir miring ke kiri. Hali ini dilakukan supaya oli mesin tidak kembali keluar ketika bak oli sudah hampir penuh.

Setelah oli baru sudah masuk ke mesin vespa, hal terakhir yang dilakukan adalah menutup kembali baut yang satunya. Beresdah oli mesin vespa bekas sudah terganti dengan yang baru.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua

Oiya satu lagi tambahan. Jika setelah baut terpasang tetapi oli mesin merembes, hal yang bisadilakukan adalah menambahkan kertas perpak beserta lemnya, supaya olinya tidak merambas. 

Penutup

Okelah mungkin hanya ini artikel yang saya punya kali ini, tentang Mengganti Oli Mesin Vespa Tahun Tua, menurut saya tidak sulit untuk dipraktekan sendiri. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaar tentunya, Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan mebaca:D