Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mudah Mensetting Platina Vespa Langsung Paham

SIMBAHNUR.COM - Sistem pengapian vespa tahun tua terbagi menjadi dua, yang pertama adalah sistem pengapian platina dan yang kedua adalah sistem pengapian cdi.

Fungsi dari sistem pengapian adalah untuk memercikan api di busi, yang berguna untuk membakar bahan bakar yang ada di ruang bakar.

Platina berfugsi untuk mengatur penyalaan, gerakannya membuka dan menutup. Ketika platina membuka, busi akan menyala. Dan begitu juga sebaliknya ketika platina menutup busi akan padam.


Alat yang menggerakan platina namanya rotor. Rotor terpasang di magnet, pada rotor terdapat yang namanya nok. Nok inilah yang mendorong platina sehingga bisa membuka.

Penyetelan celah atau jarak buka platina juga harus tepat. Jika terlalu terbuka dampak yang akan terjadi adalah mesin akan sulit untuk dihidupkan. Kalau terlalu rapat, mesin terasa loyo dan juga keluar suara letupan dari knalpot.

Mengenal Bagian-bagian Dari Sistem Pengapian Platina Vespa

Spul

Adalah kawat tembaga yang dililitkan pada besi. Di vespa sendiri ada dua macam spul. Yang pertama adalah spul lampu dan yang kedua adalah spul jalan, biasanya banyak juga yang menyebutnya dengan istilah spul platina dan juga spul cdi.

Fungsi dari spul sebagai sumber arus listrik. Perbedaan antara spul jalan dan spul lampu terletak pada ukuran kabel tembaga yang melilit spul tersebut. Spul lampu, ukuran kawat tembaganya lebih besar dibandingkan lilitan kawat spul jalan.

Baca Juga : 4 Langkah Mengganti Oli Mesin Vespa Tahun Tua

Magnet

Spul terpasag di nafur dan terletak didalam magnet, apabila mesin kita engkol atau selah, otomatis magnet akan berputar mengelilingi spul. Sehingga spul akan mengeluarkan arus listrik sebesar enam sampai dua belas volt. Semakin cepat putaran magnet, arus listrik yang dikeluarkan juga semakin besar. Kalau magnet berhenti berputar otomatis arus listrik juga akan hilang.

Kondensor

Fungsi dari kondensor adalah untuk menyimpan listrik sementara waktu dan mencegah percikan api di platina. Jadi indikator kondensor sudah lemah dapat diketahui apakah di platina terdapat percikan api atau tidak.

Jika di platina terdapat percikan api, akan menyebabkan permukaan platina gosong, sehingga fungsi platina terganggu. Dan cara untuk megatasinya adalah dengan menggosok permukan platina tersebut sampai bersih, serta tambah atau ganti dengan kondensor yang baru. Sampai benar-benar tidak ada lagi percikan api di permukaan platina.

Koil atau Coil

Fungsi dari koil adalah untuk merubah tegangan rendah menjadi tegangan tinggi. arus listrik yang besar dari koil akan membuat ujung elektroda di busi memercikan api. Salah satu indikator coil sudah lemah , dapat dilihat ketika diajak jalan selang beberapa meter mesin akan mati dan ketika dinyalakan akan hidup kembali, begitu seterusnya. Untuk mengatasinya ya ganti dengan koil yang baru.

Jadi simpelnya dapat disimpulkan seperti ini. Ketika mesin kita engkol atau selah maka magnet akan berputar. Saat itu, spul akan megalirkan listrik sebesar enam sampai dua belas volt. Listrik ini disimpan sementara dalam kondensor. Ketika platina membuka, listrik tadi dialirkan ke koil. Di koil, aliran listrik akan ditinggikan. Karena dari koil mengalir tegangan listrik yang tinggi, sehingga  ujung elektrode busi akan memercikan api.

Cara Menyetel, Mensetting Platina Vespa

Ngomong-omong soal platina, sudah tidak asing digunakan pada kendaraan bermotor tahun sembilan puluhan kebawah, termasuk pada vespa. Dari umur penggunaanya yang sudah tua, menjadikan sistem pengapian platina ini sudah jarang digunakan pada kendaraan era modern saat ini.

Karena di jaman sekarang sudah jarang kendaraan yang menggunakan sistem pengapian platina, justru akan menambah kesan klasik, unik dan berbeda bagi kendaraan yang masih tetap menggunakannya. Dan konon katanya, sistem pengapian platina ini lebih awet dan simpel cara mensettingnya.

Akan tetapi, settingan atau setelan platina yang kurang tepat dapat mempengaruhi performa kendaraan itu sendiri. Jika celah platina terlalu longgar, dapat menyebabkan vespa sulit untuk dihidupkan. Dan sebaliknya jika terlalu rapat, mesin akan terasa berat dan keluar suara letupan dari knalpot.

Oke mugkin bagi kalian yang belum tahu tentang bagaimana cara mensetting atau menyetel platina vespa, ikuti saja langkah-langkah dibawah ini.

Mengepaskan Lubang Magnet Atau Kipas

Yang pertama adalah, paskan lubang yang ada di magnet atau kipas, sesuai platina itu berada. Lihatlah seberapa jarak celah platina dari lubang tersebut. Dan untuk merapatkan atau melonggarkan celah platina tersebut, kalian dapat mengendorkan baut yang ada di platina. Setelah baut sudah kendor, baru bisa disetting sesuai ukuran yang dikehendaki.

Untuk mensettignya, gunakan dua buah obeng. Satu obeng digunakan untuk mengendorkan dan mengencangkan baut platina, obeng yang satunya lagi digunakan untuk menahan dan mengatur jarak renggang platina. Jika sudah menemukan settingan atau setelan yang pas, tinggal kencangkan kembali baut platinanya.

Jarak Renggang Pada Platina

Pada teorinya jarak renggang atau celah pada platina sekitar 0.3-0,5mm, kira-kira setara dengan satu atau dua lembar pisau silet. Tapi pada prakteknya, kalian bisa melihat percikan api yang keluar dari kabel koil, apakah api yang keluar besar atau belum.

Serta cobalah untuk menjajal performa vespa apakah sudah enak dan cocok sesuai keinginan atau belum. Jika kurang cocok atur lagi settingan platinanya sampai menemukan settingan yang pas.

Setelah vespa dihidupkan, coba perhatikan bagian celah platinanya. Apakah terdapat percikan api atau tidak? Jika terdapat percikan api, segera ganti atau tambah kondensor. Karena kalau dibiarkan, permukaan platina lama kelamaan akan gosong dan akan menyebabkan vespa sulit untuk dihidupkan.

Pesan Terakhir Penutup

Mungkin sedikit ribet dan membingungkan, tapi sebenarnya tidak juga kalau sudah paham dan terbiasa. Yang pasti harus belajar serta berani mencobanya. Ya, untuk jaga-jaga saja apabila ketika dijalan tiba-tiba settingan platinanya rubah, kan kalian bisa mengatasinya sendiri.

Baca Juga : Cara Membersihkan Karburator Vespa Tahun Tua

Dan jangan biasakan untuk mensetting atau menyetel platina dengan cara memukulnya, justru itu dapat merusak platina itu sendiri. Kecuali benar-benar dalam keadaan mendesak, seperti tidak membawa peralatan yang diperlukan dan lain sebagainya.

Oke mungkin cukup sekian artikel yang saya punya Tentang Cara Mensetting Atau menyetel Platina Vespa. Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan mafaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D