Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barang Dan Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Ketika Touring Vespa

SIMBAHNUR.COM - Ngomong-ngomong soal touring vespa, ini sudah menjadi sebuah tradisi yang dari dulu sampai sekarang dan masih tetap ada. 

Touring sendiri akan terasa ramai ketika menghadiri suatu event tertentu. Bahkan para rider dari luar kota bahkan berbedpulau banyak yang menyempatkan datang untuk menghadiri event tersebut.

Menurut saya, sudah menjadi kewajiban untuk mempersiapkan sesuatu sebelum berbuat. Jangan sampai menjalankan sesuatu hal tanpa membawa bekal dan ilmu yang dibutuhkan.  

Begitu juga yang akan dibahas pada artikel kali ini tentang persiapan sebelum melakukan touring sepeda motor khususnya vespa

Perlengkapan Yang Perlu Dibawa Ketika Touring Vespa


Tentunya sebelum melakukan touring, pastikan kalau vespa benar-benar siap untuk diajak berkelana. 
Cek seluruh komponen apakah bekerja sesuai fungsinya atau tidak. Seperti kondisi mesin, kelistrikan, karburator dan yang lainnya. 

Baca Juga : Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Vespa Klasik

Dan yang akan dibahas di artikel kali ini adalah apa saja yang musti dibawa ketika touring. Bahkan bukan hanya ketika touring saja. Ketika pergi kemanapun tidak ada salahya untuk membawa barang-barang ini. 


Persiapkan Ini Sebelum Memutuskan Untuk Touring Menggunakan Vespa

Jangan cuma modal nekat doang, yang nanti ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan justru malah menyusahkan diri sendiri atau bahkan orang lain.

Okelah berikut ini adalah apa saja yang musti dibawa ketika touring vespa.

1. Uang

Di manapun dan kapanpun uang akan selalu berguna. Karena ketika kita butuh sesuatu dan perlu membelinya pasti memerlukan alat tukar yaitu uang. 

Seperti contohnya untuk membeli bensin, beli makan dan yang lainnya. Dan untuk antisipasi dan berjaga-jaga ketika mengalami sesuatu yang tidak diinginkan. 

Jangan cuma modal berani dan nekat tanpa membawa uang sebagai pegangan, yang nantinya justru akan menyusahkan diri sendiri atau mungkin orang lain.

2. Oli Samping

Oli samping bagi vespa dua tak merupakan suatu kebutuhan yang wajib untuk dibawa. Walaupun ada beberapa vespa yang sudah menggunakan pompa oli otomatis, tetap saja ini adalah salah satu barang yang wajib untuk dibawa ketika touring.

Oli samping disini berfungsi sebagai campuran bensin karena kalau sampai motor dua tak bahan bakarnya tidak dicampur oli samping maka akan menyebabkan kerusakan yang serius terhadap mesin. 

Walaupun banyak yang mengakali dengan menggunakan alternatif lain seperti menggantinya dengan minyak goreng, oli bekas atau yang lainnya. 

Sebenarnya itu boleh saja dilakukan dalam keadaan darurat, tapi jika kalian merasa sayang pada vespa kalian, lebih baik menggunakan oli yang memang diperuntukan untuk campuran bahan bakar.

3. Kunci-kunci atau Peralatan

Hal ini juga wajib kalian persiapkan dan bawa sebelum melakukan touring menggunakan vespa, apalagi jika kalian hanya single fighter atau touring sendiri. 

Karena kunci-kunci di sini sangat berfungsi apabila di tengah perjalanan kalian mengalami trobel dan jauh dari bengkel.

Setidaknya bawalah kunci-kunci atau peralatan yang sering digunakan, contohnya kunci busi, obeng, kunci shock, Kunci T, dan yang lainnya

Setidaknya bukan cuma membawa alat-alatnya saja, tetapi kalian juga harus belajar cara mengatasi masalah penyebab vespa tersebut trobel.

4. Sparepart atau Onderdil Cadangan

Bukan hanya alat-alatnya saja. Tapi ini juga penting dan harus kalian persiapkan ketika hendak touring, Yaitu Sparepart atau Onderdil Cadangan

Kan percuma juga jika sudah membawa peralatan tapi malah tidak membawa sparerpat yang sebenarnya juga penting. Apalagi kalau sparepart yang terpasang sudah tidak bisa diakali dan minta diganti.

Biasanya sparepart vespa yang perlu dibawa dan dipersiapkan adalah sparepart yang sering mengalami masalah contohnya busi, sulur-sulur, lampu, dan yang lainnya

5. Kartu Identitas

Kenapa kartu identitas ini termasuk penting untuk dibawa ketika touring apalagi kalian single touring? Namanya juga kartu identitas tentunya sebagai penunjuk atas indentitas kalian masing-masing. 

Sebenarnya ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Supaya orang lain bisa mengenali identitas kalian.

6. Alat Komunikasi

Bagaimanapun juga alat komunikasi juga sangat penting untuk dibawa ketika touring. Karena dengan alat komunikasi kita dapat meminta bantuan orang lain untuk menolong kita yang sedang trouble saat sedang di perjalanan.

Penutup

Dan mungkin itulah beberapa barang yang perlu kalian persiapkan dan bawa ketika kalian sedang touring vespa. Sebenarnya masih banyak lagi barang-barang yang penting lainnya untuk dibawa, tapi mungkin itu dulu yang bisa saya tuliskan di artikel kali ini.

Baca Juga : Penyebab Busi Vespa Cepat Gosong

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membabaca, semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta dapat memberikan manfat :D