Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 4 Penyebab Busi Vespa Cepat Gosong Serta Penanganannya

SIMBAHNUR.COM - Salah satu masalah yang tidak asing dan sering terjadi pada vespa adalah ketika busi cepat gosong.

Dan hal itu juga sering dikeluhkan oleh para penunggang vespa, karena kalau busi cepat gosong dapat mempengaruhi kinerja busi itu sendiri. Sehingga vespa sering mogok dan harus melepas serta membersihkan busi supaya vespa dapat hidup kembali.


Salah satu dampak yang begitu terasa ketika busi gosong adalah laju vespa yang seperti tidak ada tenaganya, ditambah vespa akan sulit untuk dinyalakan karena busi gosong, tertutup oleh bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna.

Nah untuk mendapatkan performa vespa yang maksimal, kita harus rajin-rajin untuk menservis vespa, termasuk memperhatikan bagian busi. Warna pada kepala busi juga bisa menjadi indikator apakah ada yang salah dari settingan karburator dan pengapian di vespa itu sendiri.

Alasan Kenapa Busi Vespa Cepat Menghitam Dan Gosong

Berdasar pengalaman serta membaca dan mencari informasi dari beberapa sumber, warna busi yang bagus itu berwarna merah bata, jika busi gosong, berarti jelas ada yang salah. Berikut ini adalah beberapa penyebab busi vespa cepat gosong.

1. Bensin Terlalu Boros

Alasanya, karena seperti yang kita ketahui bahan bakar vespa 2 tak memerlukan campuran oli samping. Sehingga, jika bensin yang masuk ke ruang bakar melebihi kebutuhan mesin, justru menyebabkan bahan bakar yang tercampur dengan oli tadi tidak terbakar dengan sempurna diruang bakar.

Baca Juga : Persaudaraan Penunggang Vespa

Lalu apa yang menyebabkan bensin boros?  Salah satu faktornya bisa berasal dari karburator vespa. Mulai dari ukuran spuyer yang tidak tepat, kemudian setelan angin yang kurang pas, jarum dan pelampung yang bermasalah serta, lain sebagainya.

2. Kebanyakan Oli Samping

Campuran oli samping yang terlalu banyak, juga dapat menyebabkan busi vespa cepat gosong.

Tapi lebih baik kelebihan oli samping daripada kurang. Soalnya jika oli samping kurang, apalagi sampai tidak menggunakan oli samping, siap-siap saja vespanya akan ngejim, dan parahnya lagi adalah kerusakan pada mesin itu sendiri.

3. Sil/seal Kruk As Bocor

Hal ini bisa terjadi karena usia sil kruk as yang sudah termakan usia sehingga mengharuskan untuk diganti. Kemudian bisa juga karena pemasangan yang kurang tepat, sehingga menyebabkan oli mesin masuk ke ruang bakar.

Dampak yang akan ditimbulkan dari oli mesin yang masuk ke ruang bakar adalah keluarnya asap dari knalpot yang begitu banyak serta menimbulkan bau yang menusuk hidung.

Hal ini juga bisa menyebabkan busi terlalu banyak tertutup oleh kerak dari pembakaran yang tidak sempurna, sehingga mesin vespa pun susah untuk dihidupkan.

4. Pengapian yang Tidak Sempurna

Pengapian yang kurang sempurna juga bisa menjadi penyebab busi vespa cepat gosong. Karena kalau pengapian kurang sempurna, maka otomatis pembakaran bahan bakar di ruang bakar juga tidak akan maksimal.

Maka dari itu, pastikan komponen-komponen pengapian pada vespa seperti spull, platina/cdi, kondensor dan lainnya tidak ada yang bermasalah. Supaya pembakaran bisa maksimal dan vespa menjadi nyaman untuk dikendarai.

Penutup 

Okelah mungkin hanya ini artikel sedikit artikel saya punya kali ini tentang beberapa penyebab busi vespa cepat gosong.

Baca Juga : Cerita Pengalaman Pertama Kali Keliling Kota Menggunakan Vespa

Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini dapat menjadi bacaan yang menarik serta bisa memberikan manfaat. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca