Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Vespa Tua Sering Dimiringkan Ke Kanan

SIMBAHNUR.COM - Mungkin dari sekian banyaknya motor yang ada di dunia ini, hanya ada di vespa ketika mau menghidupkan motor harus dimiringkan terlebih dahulu.

Tentunya itu menjadi sebuah hal yang unik dan sudah menjadi ciri khas sendiri dari sebuah vespa tua.

Biasanya vespa akan sedikit sulit dihidupkan ketika mesin dalam keadaan dingin. Contohnya pada pagi hari setelah beberapa jam mesin tidak menyala.


Nah, untuk memudahkan supaya bisa lebih mudah dihidupkan, biasanya para pemiliknya akan memiringkan vespanya. Dan setelah vespa dimiringkan, mesin akan lebih mudah untuk hidup.

Sebenarnya alasannya cukup simpel, yaitu untuk mengalirkan bensin dari karburator sehingga bisa masuk kedalam ruang bakar mesin.

Baca Juga : Barang Yang Perlu Dibawa Ketika Touring Vespa

Fungsinya sama dengan choke yaitu untuk mensuplai bahan bakar supaya bisa masuk ke ruang bakar.

"Lalu apakah di vespa ada chokenya?" Di karburator vespa sendiri sebetulnya juga ada chokenya, akan tetapi, kebanyankan kabel yang digunakan untuk menarik choke tersebut sudah putus dan tidak diganti oleh pemiliknya.

Dan sebagai alternatif untuk mengganti fungsi dari choke tersebut, yaitu dengan cara memiringkan vespa ke kanan.

Justru dari kebiasaan memiringkan vespa ke kanan seperti itu, sudah menjadi ciri khas tersendiri dari sebuah vespa tua. Padahal kalau choke nya berfungsi dengan normal, tinggal tarik tuas chokenya saja tanpa perlu memiringkan vespa.

"Kok memiringkannya ke kanan, kenapa tidak ke kiri?" Ya karena mesin vespa itu ada di sebelah kanan dan lubang hisap serta karburatornya juga ada disebelah kanan. Jadi supaya bensin bisa turun ke ruang bakar, ya otomatis harus dimiringkan ke kanan. Kalau dimiringkannya ke kiri, bensin tidak akan turun ke ruang bakar.

Baca Juga : Pertama Kali Ke Bengkel Vespa

Okelah mungkin artikel tentang alasan vespa tua sering dimiringkan saya cukupkan sampai di sini. Semoga apa yang tertulis dalam artikel ini bisa memberikan manfaat juga menjadi bacaan yang menarik. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D