Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Yang Perlu Diperhatikan Ketika Ingin Membeli Vespa Klasik

SIMBAHNUR.COM - Semakin tua semakin menjadi dan banyak yang ingin memiliki. Mungkin itulah sedikit dari sekian banyak kata yang cocok untuk mengambarkan tentang sebuah vespa tua di bawah tahun 2000an.

Dari dahulu,  vespa klasik sudah banyak penggemar dan terus bertambah banyak orang yang ingin memiliki. Berhubung barang tua dan sudah tidak diproduksi lagi, menyebabkan barangnya menjadi terbatas.

Dan dampak dari barang yang terbatas tetapi banyak yang ingin memiliki menyebabkan harganya melambung tinggi.


Perhatikan Ini Sebelum Membeli Vespa Tahun Tua 

Seiring dengan banyaknya peminat dengan harga yang lumayan tinggi banyak oknum penjual yang memanfaatkan hal tersebut demi meraih keuntungan pribadi.

Kalau mencari keuntungan dengan cara yang benar dan jujur sih tidak ada maslah. Tetapi jika ada yang mencari keuntungan dengan cara yang salah sehingga merugikan bagi para pembeli yang ingin mempunyai vespa itu adalah hal yang salah.

Okelah mungkin sedikit tips di bawah ini bisa memberikan informasi yang bisa menjadi bacaan dan manfaat sebelum kalian memilih untuk membeli vespa.

1. Jangan Tergiur Dengan Harga Vespa Murah

Di jaman yang semakin maju ini, Bukan cuma hal positif saja yang tumbuh, bahkan hal negatifpun juga tidak mau kalah bersaing.

Baca Juga : Alasan Cat Original Vespa Lebih Menarik

Contohnya banyaknya kasus penipuan orang yang menjual suatu barang dibawah harga normal dan sudah banyak yang kena tipu dengan adanya barang kosong berlebel murah tersebut.

Dan seiring dengan perkembangkan jaman serta teknologi, sudah banyak orang memanfaatkannya untuk berjualan secara online, termasuk dalam hal jual beli vespa.

Pastikan ketika ingin membeli vespa, cek langsung barangnya. Apakah vespa tersebut sesuai dengan spesifikasi seperti yang ditawarkan ataukah tidak. Dan jangan mudah langsung transfer uang begitu saja kalau belum mengecek barangnya secara langsung.

2. Periksa Surat Kelengkapan Vespa

Lebih enak kalau surat-surat lengkap apalagi ditambah pajak hidup. Kemanapun bebas tanpa ada rasa takut kena tilang pak polisi selama tidak melanggar aturan lalu lintas yang berlaku.

Ada yang bilang kalau vespa itu bebas tilang. Tapi itu tidak sepenuhnya benar, apalagi sekarang sedang gencar-gencarnya penertiban pajak kendaraan bermotor.

Kalau motor suratnya kosong atau pajak mati lebih dari sekian tahun maka motor akan dikandangkan. Dan baru dapat diambil setelah memenuhi ketentuan yang berlaku, begitupun dengan vespa

Maka saran dari saya, jika ingin membeli vespa pastikan suratnya lengkap walaupun harganya lebih mahal ketimbang yang suratnya bodong. Setidaknya kita akan merasa lebih nyaman ketika berkendara dengan vespa.

3. Periksa Nomer Rangka Periksa Nomer Mesin

Periksa apakah nomer rangka dan nomer mesin masih ada dan sesuai dengan bpkb dan stnk. Jangan sampai membeli vespa yang nomer mesin dan nomer rangkanya tidak ada atau tidak sesuai dengan bpkb dan stnk karena itu sama saja bodong.

Dan pastikan juga nomer rangka dan nomer mesin tersebut bukan nomer potongan yang kemudian ditempel atau nomer yang dibuat atau diketrik sendiri.

Sehingga nanti ketika akan mengurus suratnya ke samsat tidak akan kesusahan karena nomer rangka dan nomer mesin cocok dan sesuai ketentuan yang berlaku

4. Periksa Body Vespa

Periksa apakah body vespa yang mau anda beli masih bagus atau tidak. Periksa apakah ada bagian yang sudah diganti apa belum.

Biasanya bagian dari body vespa yang sering diganti itu ada dibagian lantai atau biasa disebut dek, karena bagian itu sering termakan oleh karat. kalau bisa cari yang masih ori

Pastikan juga apakah nomer rangkanya masih ada dan sesuai surat dan bukan nomer rangka yang pasangan atau buatan sendiri.

Karena dari umur yang sudah tua, banyak nomer rangka vespa yang sudah termakan usia. Sehingga banyak penjual yang mengaklinya. Jadi kalian harus teliti ketika mengeceknya

Pilihlah body vespa yang original, masih kekar dan senter sedikit atau tidak ada las-lasan yang bukan dari pabriknya, serta nomer rangka yang sesuai dengan surat kelengkapannya.

5. Periksa Mesin Vespa

Periksa mesin apakah masih sehat atau tidak. Tanyakan kepada penjual bagaimana spek mesinnya.  Cek seluruh bagian mesin, apakah ada kerusakan atau tidak.

Dan tanyakan apakah mesin tersebut pernah turun mesin atau belum dan pastikan kalau bagian didalamnya tidak ada yang bermasalah. Periksa juga bagian pengisapan apakah bermasalah atau tidak.

Karena yang sering dijumpai adalah terkhusus di kerangka mesin atau yang biasa disebut dengan rengkes, banyak dijumpai masalah seperti lubang baut yang dol, terus bekas las-lasan dan lain sebagainya.

Pastikan mesin dalam kondisi yang bagus dan tidak ada masalah seperti yang diuraikan di atas.

Penutup

Dan untuk lebih mudahnya ajaklah orang yang paham dengan vespa untuk membantu anda dalam memilih vespa mana yang akan dibeli.

Tanyakan kepada samsat jika surat pada vespa itu dalam keadaan mati apakah bisa diurus dan dihidupkan lagi atau tidak. Jangan ragu untuk menulis hitam diatas putih dengan materai supaya ketika ada ketidaksesuaian bisa di pertaggung jawabkan.

Baca Juga : Persaudaraan Penunggang Vespa Di Indonesia

Okelah itulah sedikit bacaan untuk kali ini. Sedikit informasi umum yang diharapkan dapat memberikan manfaat dan pengetahuan sebelum memutuskan untuk membeli vespa. Cukup sekian artikel yang saya punya. Terimakasih telah menyempatkan sedikit waktu untuk membaca :D