Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengusir Tikus Yang Bersarang Di Rumah Dengan Mudah

SIMBAHNUR.COM - Meihat hewan yang identik dengan sesuatu yang kotor dan suka mencuri makanan ini pasti adalah sesuatu yang menjengkelkan. Mengusir tikus supaya tidak kembali lagi ke rumah tentu menjadi sesuatu yang diinginkan bagi pemilik rumah yang mendapati tikus juga ada di rumah itu juga.

Bahkan ketika tikus sudah nyaman dan mempunyai tempat untuk bersarang maka dia akan cenderung menetap di tempat itu bahkan berkembang biak di situ.

Tidak cuma itu saja, dampak dari bau kotoran serta air kencingnya juga cukup membuat hidung mencium bau yang cukup menyengat dan tidak enak.

Mengusir Tikus Di Rumah

Apalagi ketika masuk ke dapur dan mencuri makanan yang tidak tertutup atau tersimpan dengan rapi, sehingga kita akan merasa tidak mau untuk memakan makanan yang lainnya yang terdapat di dapur tersebut

4 Tips Mengusir Tikus Yang Ada Di Rumah

Tentunya saya juga kalian para pembaca blog ini, tidak ingin hal itu sampai terjadi di kediaman atau di tempat tinggal kita yaitu rumah.

Maka dari itu kali ini saya akan berbagi beberapa cara supaya tidak ada hewan yang bernama tikus di rumah tempat tinggal kita.

1. Memelihara Hewan Pemangsanya

Kalau menurut saya ini adalah cara yang paling efektif dan manjur untuk mengusir tikus yang ada di rumah.

Mengapa demikian ?

Soalnya saya punya pengalaman yang ketika saya belum mempunyai hewan ini, banyak tikus yang bersliweran di mana-mana. Terkhusus di gudang rumah tempat menaruh barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Lalu hewan apakah itu ?

Hewan ini adalah kucing. Setelah saya mencoba untuk memeliharanya di rumah, beberapa minggu kemudian dampaknya akan tampak terlihat.

Tikus yang dulunya begitu berani untuk memunculkan dirinya mencari makan di atas meja, berlahan-lahan berkurang, bahkan tidak ada lagi.

Kucing yang saya pelihara ya cuma kucing kampung biasa bukan kucing dari ras yang mahal. Karena niat utama saya ya cuma untuk memberantas tikus yang banyak di rumah saya. Jadi untuk perawatan dan lain sebagainya tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya.

Tidak percaya ?

Silahkan untuk mencobanya sendiri.

Baca Juga : Hewan Peliharaan Yang Cocok Untuk Dipelihara Di Rumah

2. Selalu Menjaga Kebersihan Rumah

Lingkungan yang kotor dan lembab tentu menjadi rumah yang sangat disukai tikus untuk tempat bersarang.

Maka pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tempat tinggal kita.

Setahu saya, ketika tikus sudah mempunyai tempat bersarang yang nyaman ( Untuknya ), Tikus tersebut bakal kembali ke tempat tersebut. Bahkan berkembang biak menjadi banyak di sana.

Pastikan ketika tahu tempat tikus tersebut tinggal, langsung saja bersihkan tempat tersebut. Jangan sampai ada kotoran dan bekas air kecingnya masih di situ.

3. Jangan Menyimpan Barang Yang Cocok Untuk Tempat Tinggal Tikus

Tikus sangat suka dengan tempat yang lembab dan kotor.

Seperti contohnya di gudang, di kardus yang penuh baju bekas, di atas lemari yang penuh dengan barang tidak terpakai, bahkan di bawah tempat tidur yang kotor bisa menjadi sarang untuk tikus tinggal bahkan berkembang biak di sana.

Jika ada barang yang sekiranya tidak bisa digunakan atau dimanfaatkan kembali, lebih baik jangan menaruh dan menyimpan barang tersebut. Mending dibuang ke tempat sampah saja. Daripada menjadikan tempat yang nyaman untuk tikus tinggal.

Karena ketika seekor tikus sudah menekuan tempat yang sekiranya cocok dan nyaman untuk meraka tinggal, tikus tersebut akan kembali bahkan berkembang biak memperbanyak diri di tempat tersebut.

4. Simpan Serta Taruh Makanan Di Tempat Yang Jauh Dari Jangkauan Tikus

Ketika ada tikus yang bersarang di rumah, maka otomatis tikus tersebut bakal mencari makan di tempat yang tidak jauh dari tempat tikus tersebut tinggal.

Jadi mungkin bagi yang di rumahnya ada tikus, sebaiknya jangan menaruh makanan di sembarang tempat yang dapat di jangkau oleh si tikus.

Kan jadi geli sekaligus menjijikan ketika mendapati makanan yang seharusnya kita makan, malah digondol, diinjak-injak oleh si tikus. Tentu, kalau saya mending tak buang makanan tersebut, karena mbayanginnya saja sudah eneg.

Taruhlah makanan di tempat yang tidak bisa dijangkau oleh tikus. Contohnya seperti di dalam lemari kulkas dan lain sebagainya. Dengan begitu makanan yang kita makan dapat lebih bersih dan steril.

Penutup

Memang menjengkelkan saat mendapati ada tikus yang bersliweran di rumah kita. Maka dari itu, mungkin dimulai dari diri kita sendiri yang harus selalu menjaga kebersihan rumah kita, Supaya tikus tidak akan bersarang lagi di rumah kita.

Ketika sampai ada tikus yang tinggal bahkan berkembang biak di suatu tempat, maka dapat dipastikan bahwa tikus tersebut merasa nyaman untuk tinggal di tempat tersebut. Dan salah satu tempat yang nyaman untuk tikus tinggal adalah di tempat yang kotor.

Baca Juga : Tips Memelihara Hewan Di Rumah

Oke, mungkin hanya sekian artikel tentang cara mengusir tikus yang bersarang di rumah. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik dan dapat diambil manfaatnya. Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca.