Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Begini, Tips Jika Ingin Memelihara Ikan Hias Bagi Pemula

SIMBAHNUR.COM - Hallo semua, berjumpa lagi dengan saya, kali ini kita akan membahas tentang Tips Memelihara Ikan Hias.

Memelihara ikan hias sudah menjadi sebuah hobi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan pecinta hewan air ini. Mulai anak kecil bahkan sampai usia tua banyak yang masih berkecimpung dalam hobi ini.

Ikan hias sendiri memiliki banyak jenis dan juga spesies yang beraneka ragam. Ada yang hidup di air laut dan ada juga yang hidup di air tawar, ada yang berukuran kecil bahkan ada yang ukurannya besar.

Memelihara Ikan Hias

Perlu adanya perawatan, termasuk pemberian makan yang layak dan sesuai untuk si ikan. Supaya ikan tersebut tidak mudah stress yang  akhirnya malah mati. Kan, kalau begitu malah kasihan si ikannya.

Memelihara Ikan Hias Untuk Semua Kalangan

Jadi jika punya hewan peliharaan entah itu ikan, burung, kambing, dan lainnya. Jika sudah punya kemauan untuk memilikinya, pastikan ada orang yang mau merawat, memelihara, memberi makan dan lain sebagainya.

Dan berikut ini adalah beberapa tips jika ingin memelihara ikan hias.

Siapkan Tempat Yang Layak Untuk Si Ikan

Tempat bagi si ikan, selayaknya rumah bagi manusia tinggal. Bayagkan jika kita hidup atau tinggal di tempat yang kurang layak, pasti tidak nyaman kan? Bedanya kalau kita berada di tempat kurang layak, kita bisa mencari tempat yang lain. Sedangkan kalau ikan apakah bisa?

Tempat di sini bisa berarti banyak media untuk menaruh si ikan, seperti kolam, aquarium, ember dan lain sebagainya.

Setidaknya berikan ukuran tempat yang sesuai untuk menaruh si ikan hias tersebut. Contohnya punya ikan arwana yang berukuran sekitar 30cm maka setidaknya sediakan tempat yang ukurannya sekitar 100x50x50, supaya ikan arwana tersebut punya ruang yang cukup untuk bergerak.

Baca Juga : Beberapa Jenis Ikan Hias Air Tawar

Perhatikan Kwalitas Air

Kwalitas air sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan hidup ikan yang kita pelihara. Sebelum memamsukan ikan ke dalam wadah yang ada airnya, setidaknya endapkanlah air tersebut kurang lebih selama satu hari, lebih lama lebih bagus.

Jika ingin airnya tidak cepat keruh, maka gunakanlah filter air. Hal ini juga dapat mencegah berkembangnya amoniak berlebih, yang dapat menjadi racun bagi si ikan itu sendiri.

Pastikan Ikan Tersebut Sehat

Percuma ikan hias yang kita inginkan harganya murah tapi ikan tersebut sakit-sakitan. Yang ada beberapa di tempat kita, ikannya malah mati. Ya sama saja bohong.

Salah satu indikasi ikan tersebut sehat adalah, ketika diberikan makan, ikan tersebut mau dan lahap memakan makanan yang diberikan. Jika tidak mau makan, kemungkinan ada yang tidak beres dari ikan tersebut.

Perhatikan bagian badannya, apakah ekornya rusak, sisiknya terlepas, ada jamurnya. Jika mendapati kondisi ikan yang seperti itu, lebih baik tidak usah dibeli.

Dan apabila mendapati ada salah satu atau beberapa ekor yang sakit, atau bahkan mati, segera pisahkan dengan ikan yang masih satu wadah. Supaya tidak menular ke ikan yang lainnya.

Berikan Pakan Yang Sesuai

Pemberian pakan juga harus sangat diperhatikan. Baik itu jenis pakannya, kapan waktu pemberian pakan, kemudian intensitas pakan yang diberikan, dan lain sebagainya.

Jangan terlalu berlebihan dalam memberikan pakan. Pastikan kalau pakan yang diberikan akan termakan habis oleh si ikan ( terkhusus untuk pakan mati ). Soalnya kalau berlebihan dan ikan sampai tidak mau menghabiskan, yang ada justu membuat air cepat keruh.

Jika Ingin Membeli Secara Online Pastikan Penjual Terpercaya

Ya namanya juga hobi, banyak orang yang mau mengeluarkan isi dompetnya demi hobi yang disukainya dapat tersalurkan. Tapi dari situlah banyak juga orang yang cuma mau mencari keuntungan dengan cara menipu pembelinya.

Maka berhati-hatilah jika ingin membeli ikan hias secara online, supaya tidak tertipu dan bisa mendapatkan ikan hias yang sesuai dengan yang diharapkan. Walaupun harganya tidak mahal, tapi kalau ikannya sakit, kan juga percuma.

Disarankan untuk membeli ke penjual yang namanya sudah dikenal banyak orang, dan mempunyai reputasi yang baik, supaya bisa terjamin kwalitas ikan yang akan dibeli.

Penutup

Oke, mungkin itu tadi beberapa tips jika ingin mencoba untuk memelihara ikan hias. Perlua ada konsistensi dan perawatan yang optimal supaya si ikan bisa hidup lama sesuai yang kita inginkan.

Baca Juga : Hewan Peliharaan Yang Cocok Dipelihara Di Rumah

Terimakasih telah meluangkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca. Semoga dapat menjadi bacaan yang menarik serta bisa memberikan manfaat :D