Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Vespa Tahun Tua Terasa Miring Dan Tidak Senter

SIMBAHNUR.COM - Vespa terasa miring? itu bisa terjadi karena beberapa hal. Pasti dampak yang akan kita rasakan adalah badan yang terasa kurang nyaman ketika sedang berkendara, ditambah kalau dilihat dari tampilan, vespa kurang enak untuk dipandang.

Sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, kan lebih baik kalau segera untuk dicari penyebabnya dan memperbaiki masalahnya.

Kalau ingin mencoba memperbaikinya sendiri atau dibawa ke bengkel kepercayaan, terserah itu adalah pilihan kalian masing-masing.


4 Penyebab Umum Vespa Terasa Miring


Di sini saya cuma mau menyampaikan beberapa penyebab vespa terasa miring dan kurang nyaman untuk dikendarai yang umum kita jumpai.

Okelah, mungkin vespa tua kalian ada yang mengalami masalah vespa terasa miring? kenali dulu masalahnya yang akan dijabarkan dibawah ini.

1. Dari Karet Body Vespa 


 Karet ini terletak di unjung rengkes kiri mesin yang menghubungkan antara mesin dengan body vespa. Sebenarnya karet ini bisa digunakan untuk jangka waktu yang cukup lama, tetapi tetap ada jangka waktunya untuk rusak dan harus digant.

Dampak yang paling terasa apabila karet ini sudah rusak dan minta ganti adalah getaran dan goncangan yang begitu terasa dari bagian mesin serta bodynya, karena rusaknya karet yang berfungsi sebagai bantalan peredam getaran dan juga goncangan.

Jika hal itu dibiarkan secara terus-menerus dampak terburuk yang bisa terjadi adalah dapat menyebabkan rengkes mesin patah.

Hal lain yang dapat ditimbulkan dari rusaknya karet body adalah, dapat menyebabkan vespa terasa miring. Solusinya, ya ganti dengan karet body yang baru. Untuk harganya mungkin sekitar belasan sampai puluhan ribu saja. Dan dapat dibeli di toko sparepart vespa di kota kalian masing-masing.

2. Dari Karet Shock Belakang


Ada dua karet yang terdapat di shock belakang vespa. Pertama adalah karet yang terletak di atas shock atau kebanyakan orang menyebutnya dengan karet tahu, karena memang bentuknya yang kotak dan terlihat seperti tahu.

Biasanya kerusakan yang terjadi pada karet tahu ini adalah patahnya karet tersebut. Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal itu terjadi, bisa dari umurnya yang sudah tua, goncangan terlalu keras, dan lain sebagainya

Dan yang kedua adalah karet yang ada di bawah, biasanya orang menyebutnya dengan istilah karet pangkon, bentuknya oval dengan lubang di tengahnya yang berfungsi untuk memasukkan selongsong serta as besi pengunci shock belakang vespa bagian bawah.

Untuk harga karet shock belakang vespa, sekitar belasan sampai puluhan ribu rupiah. Tergantung merk, kwalitas dan dimana membelinya.

3. Dari Karet Shock Depan Vespa


Tidak cuma di mesin dan juga di shock belakang, shock depan vespa juga ada karetnya. Untuk fungsinya sama, yaitu untuk meredam goncangan dan getaran.

Sama dengan karet shock belakang, Di shock depan untuk vespa super, sprint dan sebagainya juga terdapat dua karet di atas dan di bawah, dan  menempel di shock. Kedua karet tersebut berbentuk oval, tapi ukurannya tidak sebesar karet shock belakang.

Dampak yang paling terasa apabila karet ini sudah minta ganti adalah getaran dan guncangan di bagian stang vespa yang akan begitu sangat terasa. Walaupun bukan hanya itu saja penyebabnya bisa dari bearing yang ada di pork vespa dan penyebab lainnya.

Untuk karet shock depan vespa juga bervariasi, Tergantung merk, kwalitas dan dimana membelinya. Tetapi biasanya harganya lebih murah jika dibandingkan dengan karet body dan karet shock belakang vespa.

4. Dari Body Vespa Yang Sudah Tidak Senter


Kemungkin penyebab body vespa tidak senter adalah pernah terjadi kecelakaan atau menabrak dan terjadi benturan yang cukup keras, sehingga menyebabkan body tidak senter seperti saat dahulu baru keluar dari pabriknya.

Dan untuk mengatasiya adalah dengan membawanya ke bengkel khusus press body untuk mengembalikan dan mensenterkan kembali body sesuai bentuk awalnya.

Penutup


Mungkin itu adalah beberapa penyebab umum vespa tua terasa miring ke satu bagian ketika sedang kita kendarai. Mungkin masih ada penyebab lain yang belum saya tuliskan di sini. Semoga ke depannya bisa selalu diupdate dan di perbarui.

Baca Juga : Penyebab Vespa Mogok
Semoga bisa menjadi bacaan yang menarik serta memberikan manfaat tentunya.
Terimakasih telah meluangkasn sedikit waktunya untuk berkunjun dan membaca :D