Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Selang Bensin Vespa Tahun Tua Yang Bocor

SIMBAHNUR.COM - Mengganti selang bensin vespa karena bocor?

Kebocoran biasanya terjadi pada sambungan antara selang dan juga kran bensin yang ada di bawah tangki bahan bakar serta di sambungan selang yang ada di karburator. Mungkin lebih tepatnya bukan bocor tapi merembes. Hal ini bisa disebabkan karena selang bensin yang sudah kaku.

Sebenarnya jarang ada masalah dengan selang bensin vespa. Biasanya pergantian selang bensin ini dilakukan karena usia pakainya sudah terlalu tua, yang ditandai dengan selang bensin tersebut sudah kaku dan mungkin aliran bensin dari tangki  ke karburator sudah tidak lancar karena banyak kotoran yang mengendap di dalamnya. Sehingga menyebabkan terhambatnya suplai bensin ke karburator yang dampaknya dapat menyebabkan berkurangnya kenyamanan saat berkendara.

Dan untuk masalah harga, selang bensin vespa biasanya dibandrol dengan harga sekitar delapan ribu rupiah saja. Mungkin ada juga yang menjual dengan harga yang lebih mahal, tergantung kwalitas serta tempat di mana kalian membelinya juga.

Selang Bensin Vespa Yang Sudah Kaku Dan Keras

Oke mungkin banyak dari pembaca artikel ini yang belum pernah untuk mencoba mengganti selang bensin vespa sendiri. Padahal tidak terlalu susah dan bisa dipraktekan sendiri tanpa harus membawanya ke bengkel.

Tahapan Dalam Mengganti Selang Bensin Vespa Tahun Tua

Dan bahan praktek yang akan dibahas kali ini adalah selang bensin vespa super, karena saya adanya vespa jenis ini. Mungkin untuk vespa jenis lainnya, prakteknya tidak terlalu jauh berbeda.

Baca Juga : Beberapa Aksesoris Vespa Tahun Tua

Tentunya sebelum menggantinya, siapkan selang yang baru dan alat-alat yang dibutuhkan. Dan alat yang digunakan disini cukup sediakan obeng min serta kunci T atau kunci pas yang sesuai baut yang akan dilepas nanti di vespa kalian masing-masing.

Melepas Jok Vespa

Hal ini dilakukan untuk mencopot tangki bensin. Karena kran bensin tempat terhubungnya dengan selang terletak di bawah tangki bensin. Jadi menjadi kewajiban kalau ingin mengganti selang bensin harus melepas jok dan mengankat tangki bensinya.

Untuk melepas jok,  tinggal lepas beberapa baut pengunci jok. Jika vespa kalian masih menggunakan jok pisah, untuk vespa super ada enam baut yang harus dilepas, tiga di depan dan tiga dibelakang. Gunakan kunci pas dan juga obeng untuk melepasnya.

Lepas Selang Dari Karburator

Untuk melakukannya, pertama buka tutup karburator terlebih dahulu. Jika tutup karburator sudah terlepas nanti akan terlihat selang bensin yang ada di karburator. Tinggal copot saja selang yang tertancap di moncong pipa yang ada di karburator.

Kalian bisa melepas pipa tersebut dengan mencopot bautnya menggunakan kunci pas atau obeng min. Jika pipa penghubung selang dengan karburator sudah terlepas, tinggal copot saja selang bensinnya. Jika dirasa susah pontong aja selang tersebut menggunakan pisau. Lagipula selang tersebut sudah tidak dipakai dan akan diganti dengan selang yang baru.

Mengangkat Tangki Bensin

Jika selang dari karbutator sudah terlepas, hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah melepas.  selang yang terpasang di kran di bawah tangki bensin. Dengan cara mengangkat tangki bensin, dan melapaskan selang dari keran bensin.

Jika di vespa kalian masih menggunakan stick untuk membuka tutup kran bensin, kalian bisa menarik stick tersebut hingga terlepas dari tempatnya. Supaya nanti ketika akan mengangkat tangkinya bisa lebih mudah.

Memasang Kembali

Jika tahapan diatas sudah dilakukan semua,  hal terakhir yang perlu dilakukan adalah memasang selang bensin yang baru. Untuk caranya tinggal balik dan ulangi saja cara yang ada di atas.

Sebetulnya, kalau menurut saya lebih mudah melepas dari pada memasangnya. Tapi ya ngak tahu juga. Silahkan untuk mencoba mempraktekannya sendiri.

Penutup

Begitulah sedikit informasi tentang bagaimana cara mengganti selang bensin vespa. Semoga dapat memberikan pengetahuan dan juga manfaat. Dan jangan ragu untuk mencoba mempraktekanya karena tidak ada yang salah dengan mencoba selama kalian mau mencoba.

Baca Juga : Cara Mengkilapkan Cat Body Vespa

Dan demikian sedikit artikel yang saya punya kali ini. Terimakasih telah menyempatkan sedikit waktunya untuk berkunjung dan membaca :D