Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita Pengalaman Pertama Kali Pergi Ke Bengkel Vespa

SIMBAHNUR.COM - Pertama kali saya pergi ke bengkel vespa adalah saat mau menghidupkan kembali vespa super tahun 1966 peninggalan kakek yang telah lama mati dan ndongkrok di gudang. Karena waktu itu sama sekali tidak paham dengan vespa maka saya memutuskan untuk membawanya ke bengkel.

Jarak bengkel dari rumah sebenarnya tidak jauh, mungkin hanya sekitar satu kilo meter. Waktu itu sempat ragu untuk biaya takutnya harus mengeluarkan uang yang cukup menguras kantong, selain itu banyak yang bilang kalau jangan sembarangan membawa vespa ke bengkel karena banyak bengkel yang tidak jujur.


Tidak jujur dalam artian karena kitanya belum begitu tahu tentang vespa takutnya ada onderdil yang sebenarnya original dan masih bagus malah diganti dengan barang yang bukan original serta kwalitasnya yang tidak bagus, ditambah biaya yang harus dikeluarkan tidak masuk akal.

Untuk masalah biaya, waktu itu saya sempat berfikir bakal mengeluarkan uang yang cukup menguras kantong. Karena vespa penginggalan kakek saya ini sudah selama sepuluh tahun lebih tidak digunakan dan hanya ndongkrok saja digudang.

Baca Juga : Penyebab Busi Vespa Cepat Gosong

Setelah sampai bengkel hal pertama yang saya temui adalah, Ternyata orang disana cukup ramah dan supel memberikan senyum serta melontarkan beberapa candaan, padahal kita sendiri tidak saling kenal.

Selesai menyampaiakan keluhan tentang vespa yang saya bawa, mulailah di cek penyebab vespa tidak mau menyala. Mulai dari pengapian, karburator, dan bagian lainnya.

Ternyata dari bagian karburator, bensin yang turun dari tangki mrembes. Dan setelah mencoba beberapa cara tetapi tidak teratasi, akhirnya sang montir menawari saya untuk mencoba mengganti bagian dexelnya.

Setelah dexel sudah terganti ternyata masalah di karburator vespa sudah teratasi. Berikutnya masalah di pengapian, entah waktu itu diapakan yang pasti setelah sang montir mengutak atik bagian pengapian, beberapa kali engkolan vespa dapat hidup.

Wahhhhh waktu vespa berhasil menyala, rasanya itu sangat senang sekali dan tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Tapi belum selesai disitu, ternyata setelah vespa mau coba diajak jalan, ada masalah dibagian kopling.

Seingat saya kata sang montir, "mungkin karena saking lamanya vespa tidak dihidupkan menyebabkan kampas koplingnya kelet sehingga mengharuskan untuk diganti". Okelah sekalian saja diganti yang penting vespa dapat jalan kembali.

Setelah sudah diperbaiki, akhirnya vespa dapat hidup dan dapat diajak jalan. Tapi sebenarnya waktu itu vespa masih kurang nyaman untuk digunakan karena ada bagian lain yang perlu ditganti dan diperbaiki seperti karet shock, karet body, klaher roda depan dan yang lainnya. Bahkan oli mesin pun juga belum diganti.

Tapi bagi saya, vespa sudah dapat menyala saja sudah lebih dari cukup. Dan diluar dugaan untuk masalah biaya, cuma habis sekitar seratus dua puluh ribu saja. Itu total biaya yang harus saya keluarkan sudah termasuk biaya jasa serta oderdil yang diganti(kampas kopling, sulur-sulur, dexel, serta onderdil lainnya).

Setelah vespa dapat hidup dan diajak jalan sayapun membawanya pulang ke rumah. Walaupun dalam artikel terlihat singkat, tetapi sebenarnya waktu yang dibutuhkan dari pertama datang ke bengkel sampai vespa dapat hidup dan diajak jalan memerlukan waktu yang lumayan lama.

Waktu itu sampai bengkel sekitar pukul setengah sembilan pagi dan baru selesai sehabis isya. Dan dari pagi sampai selesai itu, saya ikut menunggu di bengkel dan tidak pulang.

Ternyata dugaan tentang bengkel yang tidak jujur itu sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Karena saya sendiri merasa nyaman di bengkel walaupun belum saling mengenal, hasilnya pun cukup memuaskan. Serta untuk masalah biaya cukup masuk akal serta tidak terlalu menguras kantong.

Tapi kembali lagi ke manusianya sendiri. Karena setiap manusia itu memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda dan tidak bisa disamaratakan semuanya. Jadi untuk bengkel yang tidak jujur itu mungkin memang ada, tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Baca Juga : Keunikan Vespa Extreme Indonesia

Okelah mungkin hanya ini sedikit artikel yang saya punya kali ini tentang Pertama Kali Membawa Vespa Ke Bengkel. Semoga dapat memberikan bacaan yang menghibur serta dapat diambil manfaartnya. Terimakasih telah berkunjung :D